Mengenal Manfaat Buah Naga Kuning Serta Budidayanya
Umum

Mengenal Manfaat Buah Naga Kuning Serta Budidayanya

Mengenal Manfaat Buah Naga Kuning Serta BudidayanyaMengenal Manfaat Buah Naga Kuning Serta Budidayanya

Buah Naga Kuning atau yang memiliki nama latin Selenicereus Megalanthus adalah buah yang berasal dari Meksiko, tetapi pembudidayaan buah naga sekarang ini sudah banyak dilakukan diberbagai negara di Asia diantaranya Vietnam, Taiwan, Filipina, Malaysia dan juga di Indonesia. Selain di Asia, buah naga juga bisa kita jumpai di Australia, Okinawa dan Tiongkok selatan.

perbedaan buah naga kuning dan buah naga merah

PERBEDAAN BUAH NAGA KUNING DAN MERAH

Perbedaan yang paling mendasar adalah dari warna kulitnya. Seperti Namanya, Buah naga kuning meiliki warna kulit kuning sedangkan Buah Naga merah memiliki kulit buah berwarna merah
Ukuran sisik Buah Naga Kuning cenderung lebih kecil dibanding buah naga lain dan sebagian buah naga kuning juga ditemukan jenis kulit yang memiliki duri
Ukuran buah naga kuning lebih kecil daripada buah naga merah, hal ini juga berlaku untuk batang pohon buah naga kuning yang juga memiliki ukuran yang lebih kecil.
Dari segi harga, Buah naga kuning memiliki harga yang jauh lebih mahal dibanding jenis buah naga lainnya. Bahkan harga buah naga kuning per kilo nya mencapai angka Rp 300.000/kg. Harga tersebut sangat jauh diatas harga Buah Naga jenis lainnya dikisaran Rp 15.000 – Rp 35.000 per kilo nya.
Buah naga kuning memiliki syarat tumbuh pada daerah dataran tinggi dengan suhu dingin. Berbanding terbalik dengan buah naga putih atau merah yang tumbuh pada daratan rendah dan bersuhu panas.

keunggulan dan ciri-ciri buah naga kuning

KEUNGGULAN BUAH NAGA KUNING

Seperti disebutkan sebelumnya, pohon Buah Naga Kuning memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding jenis lainnya. Tentu saja hal ini berdampak pada ukuran buah yang juga memiliki ukuran yang lebih kecil, hanya sekitar setengah dari ukuran rata – rata Buah naga merah maupun buah naga putih.

Akan tetapi meski memiliki ukuran buah yang lebih kecil justru Rasa Buah Naga Kuning lebih manis daripada buah naga lainnya. Hal ini karena Buah Naga kuning memiliki kandungan sakrosa juga fruktosa yang lebih tinggi dari yang lain. Selain itu kandungan air dalam buah naga kuning juga lebih banyak sehingga akan memberi rasa segar saat mengkonsumsi buah ini.

CIRI – CIRI BUAH NAGA KUNING

Buah Naga Kuning memiliki daging buah berwarna putih dengan biji hitam sama dengan buah naga putih.
Kulitnya memiliki warna kuning terang bersisik besar dan memiliki gradasi warna hijau pada ujung sisiknya.
Selain memiliki kulit bersisik, Buah Naga Kuning juga memiliki varian kulit dengaa permukaan berduri.
Ukuran pohon buah naga kuning relatif lebih kecil dibanding pohon buah naga jenis lainnya. Dan juga ukuran buah yang lebih kecil dibanding jenis lainnya.
Memiliki rasa lebih manis dan tekstur buah yang lebih berair.

APA MANFAAT BUAH NAGA KUNING?

KHASIAT BUAH NAGA KUNING

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Buah Naga Kuning memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi, Buah Naga sangat baik dikonsumsi oleh Anak yang sedang dalam proses masa pertumbuhan. Buah Naga juga membantu meningkatkan daya tubuh, hal ini dikarenakan Buah Naga Kuning memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas, sehingga membuat anda terhindar dari berbagai penyakit.

Membantu mencegah dan penyembuhan Kanker
Kanker termasuk salah satu penyakit yang banyak membunuh manusia. Buah Naga Kuning memiliki kandungan antioksida phytoalbumin, inilah yang dapat menbantu melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu kandungan vitamin kompleksnya, sudah banyak direkomendasikan oleh para dokter sebagai buah untuk terapi penyembuhan kanker.

Menjaga fungsi penglihatan pada mata
Buah Naga Kuning juga kaya akan Beta-Karoten seperti halnya yang terkandung dalam wortel, oleh karena itu Buah Naga juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu rasa dari Buah Naga relatif lebih nikmat dari pada wortel. Hal ini bisa menjadi alternatif pengganti jus wortel untuk anak-anak dan tentu saja orang dewasa untuk terus menjaga penglihatan mata agar tetap jernih.

Sumber: https://businessnews.id/amazon-luncurkan-spark-media-sosial-untuk-belanja/