Manfaat dan Khasiat yang luar biasa buah Tomat
Umum

Manfaat dan Khasiat yang luar biasa buah Tomat

Manfaat dan Khasiat yang luar biasa buah TomatManfaat dan Khasiat yang luar biasa buah Tomat

Pengertian

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tomat merupakan keluarga dekat dari kentang.
Kata “tomat” berasal dari kata dalam bahasa Nahuatl, tomatl (dilafazkan: /tɔ.matɬ/).

Tomat (Gycopersicum esculentum Mill.) merupakan buah yang sering dijadikan bumbu dan masakan. Contohnya dalam sup, sayur asem, sambal tomat masakan lainnya. Selain itu, tomat juga sering dijadikan minumah seperti jus tomat. Namun selain enak dimakan, tomat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Diantaranya menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit dan sebagai masker untuk wajah. Untuk pengobatan, tomat dipercaya dapat mengobati wasir, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah penyakit jntung dan menangkal sel-sel kanker.
Macam
Terdapat ratusan kultivar tomat yang dibudidayakan dan diperdagangkan. Pengelompokan hampir selalu didasarkan pada penampilan atau kegunaan buahnya.
Berdasarkan penampilan
Terdapat buah tomat dengan kisaran warna dari hijau ketika masak, kuning, jingga, merah, ungu (hitam), serta belang-belang.
Dari ukuran dan bentuk, orang mengenal kelompok tomat
granola yang bentuknya bulat dengan pangkal buah mendatar dan mencakup yang biasanya dikenal sebagai tomat buah (karena dapat dimakan langsung),
gondol yang biasa dibuat saus dengan bentuk lonjong oval (biasanya yang ditanam di Indonesia adalah kultivar ‘Gondol Hijau’ dan ‘Gondol Putih’, dan keturunan dari kultivar impor ‘Roma’) dan termasuk pula tomat buah,
sayur adalah tomat dengan buah biasanya padat dan dipakai untuk diolah dalam masakan
ceri (tomat ranti) yang berukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang.
Berdasarkan kegunaan
Orang mengenal tomat buah, tomat sayur, serta tomat lalapan. Berdasarkan hal ini, fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat adalah struktur buah.
Perkembangan pengetahuan, sekarang tomat tidak hanya sebagai pelengkap untuk makanan melainkan juga sudah dikenal luas untuk kecantikan. Manfaat tomat untuk kecantikan antara lain adalah untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit karena tomat kaya dengan kandungan vitamin C.

Manfaat buah tomat

untuk kesehatan, tak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Buah tomat mengandung mengandung alkaloid solanin (0,007%), saponin, asam folat, asam malat, asam sitrat, bioflavonoid (termasuk rutin), protein, lemak, gula (glukosa, fruktosa), adenin, trigonelin, kholin, tomatin, mineral (Kalsium, Magnesium, Posfor, Kalium, Natrium, Besi, sulfur, chlorine), vitamin (B1, B2, B6, C, E, likopen, niasin), dan histamin.

Rutin dapat memperkuat dinding pembuluh darah kapiler. Klorin dan sulfur adalah trace element yang berkhasiat detoksikan. Klorin alamiah menstimulir kerja hati untuk membuang racun tubuh dan sulfur melindungi hati dari terjadinya sirosis hati serta penyakit hati lainnya. Likopen adalah pigmen kuning beta karoten pada tomat. Tomatin berkhasiat sebagai antibiotik. Selain buahnya, daun tomat juga mengandung pektin, arbutin, amigdalin, dan alkaloid.

Mengobati Jerawat
Tambahkan 25 ml alkohol 70% pada jus tomat (100 ml), lalu kocok merata. Gunakan campuran tersebut untuk menggosok muka yang berjerawat. Lakukan perawatan tersebut 2 sampai 3 kali sehari.

Kulit terbakar sinar matahari
Bukan hanya buah tomat, daunnya juga memiliki khasiat untuk kecantikan kulit. Cuci daun muda yang masih segar, lalu giling sampai halus. Balurkan pada kulit yang terbakar.

Mengobati Wasir
Rebus beberapa buah tomat yang sudah masak dalam minyak kelapa selama kira-kira sepuluh menit, lalu saring dengan sepotong kain. Setelah dingin, oleskan pada wasirnya.

Mengatasi hipertensi
Makan buah tomat segar sebanyak 1 sampai 2 buah pada waktu pagi hari, saat perut masih kosong.

Mengobati luka memar
Jika Anda mengalami luka memar akibat terbentur atau terpukul, obati dengan tomat. Tim jus tomat yang ditambah dengan air jahe, lalu minum setelah dingin.

Radang usus buntu, sakit kuning
Minum jus tomat, sehari tiga kali, masing-masing satu cangkir. Tetap berkonsultasi dengan dokter.

Mengobati Demam
Cuci bersih 3 buah tomat masak, lalu potong-potong seperlunya. Lumatkan dalam setengah cangkir air masak dan satu sendok makan madu murni. Peras dan saring airnya, lalu minum. Lakukan tiga kali sehari. Penderita diabetes melitus dilarang menambahkan madu murni agar kadar glukosa darah tidak meningkat.

Recent Posts