Faktor – faktor Yang di Pertimbangkan Dalam Memilih Lokasi Produksi
Otomotif

 Faktor – faktor Yang di Pertimbangkan Dalam Memilih Lokasi Produksi

 Faktor – faktor Yang di Pertimbangkan Dalam Memilih Lokasi Produksi Faktor – faktor Yang di Pertimbangkan Dalam Memilih Lokasi Produksi

                        Untuk memilih lokasi sebuah usaha atau bisnis ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan terutama untuk apa yang akan di pergunakan nantinya. Berikut ini adalah faktor – faktor yang harus di pertimbangkan sesuai keperluan perusahaan :

v  Lokasi untuk kantor pusat.

v  Lokasi untuk pabrik.

v  Lokasi untuk gudang.

v  Kantor cabang.

                        Namun jika kita memberikan penafsiran secara lebih dalam maka pertimbangan tersebut menjadi jauh lebih penting pada saat suatu bisnis malakukan ekspansi yaitu :

  • Pembukaan kantor cabang pembantu (Sbu brand office)
  • Pembukaan kantor kas (Cash office)

                        Pembukaan dua kantor ini menjadi kesan kuat bahwa kemampuan ekspansi suatu perusahaan telah begitu baik dan memiliki nilai tambah dimata para konsumen dan juga kepercayaan kepada para mitra bisnis, seperti perbankan dan para pemasok. Oleh karena itu pemilihan lokasi juga mampu memberi pengaruh besar pada penjualan produk perusahaan nantinya.

                        Di dalam perencanaan temapat kedudukan perusahaan , tersedianya sumber teenaga kerja itu harus dipertimbangkan dalam beberapa segi, yaitu :

  1. a)Jumlah tingkat keahlian, umur dan nenis kelamin tenaga kerja yang tersedia.
  2. b)Tingkat biaya upah atau gaji dan tunjangan.
  3. c)Tingkat pegangguran di daerah – daerah yang di pertimbangkan.
  4. d)Ciri-ciri ketenagakerjaan.
  5. e)Ada tidaknya serikat-serikat pekerja.
  6. f)Tingkat perpindahan penduduk
  7. g)Peraturan pemerntah tanteng ketenagakerjaan yang mungkin berbeda di daerah-daerah yang berbeda.
  8. h)Ada tidaknya perusahaan pesaing.
  9. i)Besar kcilna pengaruh GRAS di daerang yang bersangkutan,
  10. j)Kadar premanisme di daerah bersangkutan.

                        Jika di kaji dari segi feasible dan imfeasible bahwa menentukan lokasi yang layak dan tidak layak untuk suatu bisnis bisa sangat di pengaruhi oleh beberapa hal, yaitu :

  1. Bentuk bisnis yang bersangkutan
  2. Tujuan bisnis yang akan dikerjakan
  3. Bentuk teknologi yang akan dipergunakan.
  4. Biaya transportasi

2.4       Pengelompokan Lokasi fasilitas

            Lokasi fasilitas dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat masalah :

  1. Lokasi untuk satu fasilitas atau single fasiliti location.
  2. Lokasi untuk beberapa fasilitas pabrik dan gudang atau location of multipel factories and warehouse.
  3. Lokasi di kawasan yang banyak pengecer pesaing atau location of competitif ritail stores.
  4. Penempatan unit – unit layangan darurat atau location of emergensi service.

2.5       Beberapa Metode Pemilihan Lokasi

            Untuk memilih loksi perusahaan ada tiga metode yang paling uum di pergunakan, yaitu :

  1. Metode penilaian hasil

                        Metode ini biasa juga di kenal dengan metode hasil / value karna dalam metode ini pembahasan pada segi market, material, employer, dan peran ransportation menjadi penting.

Contoh Soal

                        Diketahui bahwa PT. Textile Agung mendirikan pabrik tekstil dan pihak manajer keuangan dan produksi sedang melakukan analisis untuk menentukan lokasi sebuah pabrik dengan masukan dari berbagai pihak dipilih tiga lakasi difavoritkan yaitu :

Sumber :

https://wisatalembang.co.id/xiaomi-tambah-produk-smart-home-dengan-mi-ai-speaker/