Pendidikan

Pertumbuhan dan perkembangan

Pertumbuhan dan perkembangan

A. Acara yang berkembang

Tumbuhan dan hewan pada awalnya berukuran kecil. Itu menjadi lebih besar setelah beberapa saat. Meningkatkan ukuran makhluk hidup adalah apa yang disebut pertumbuhan. Ketika mengalami peningkatan ukuran (pertumbuhan) ini, organisme juga mengalami berbagai perubahan. Perubahan organisme yang terkait dengan pertumbuhan disebut pengembangan.

Pertumbuhan tanaman bisa dilihat dari pertambahan tinggi dan tinggi batang. Meskipun pertumbuhannya bisa dilihat dari perubahan bentuk batang, daun, akar, penampilan bunga, dan pembentukan buah. Pertumbuhan hewan dapat dilihat dari tubuh hewan yang lebih besar dan pertumbuhannya dapat dilihat dari perubahan dalam tubuh dan perilaku hewan tersebut. Sebagai contoh, seekor burung setelah menetas tidak bisa terbang, tetapi setelah tumbuh Anda belajar terbang dan menemukan makanan Anda sendiri.

Demikian juga pada manusia, pertumbuhan pada manusia dapat dilihat dari peningkatan ukuran dan tinggi badan. Perkembangan manusia dapat dilihat baik secara fisik maupun psikologis. Secara fisik, misalnya, ada perubahan bentuk tubuh dari anak-anak hingga orang dewasa. Suara anak-anak juga berbeda dengan suara orang dewasa. Secara psikologis anak-anak biasanya tumbuh sangat manja dan membutuhkan perlindungan dari orang dewasa, setelah memasuki masa remaja dan dewasa, manusia menjadi lebih mandiri. Perubahan makhluk hidup dari usia tua ke tua juga merupakan bentuk perkembangan.

B. Mengapa makhluk hidup tumbuh dan berkembang?

pertumbuhan

Pertumbuhan adalah penambahan biomassa ireversibel. Penambahan bomassa ditunjukkan dengan penambahan berat, panjang, volume, jumlah sel dan sebagainya. Dari perubahan ukuran, pertumbuhan makhluk hidup bisa dilihat. Karena itu pertumbuhan dapat dinyatakan dalam bentuk panjang dan berat. Karakteristik pertumbuhan adalah sebagai berikut.
Sebuah. Perubahan fisik dan perubahan ukuran terjadi.
b. Peningkatan jumlah sel
c. Ada tambahan kuantitatif untuk seorang individu
d. Ini bisa dinyatakan dalam panjang dan berat.
e. Pengaruh faktor internal dan eksternal
f. Dalam usia terbatas, makhluk tidak tumbuh lagi.

Pertumbuhan dapat terjadi karena tubuh organisme terdiri dari sel-sel. Sel-sel ini dapat dibagi menjadi beberapa kelipatan. Meningkatkan jumlah sel meningkatkan ukuran makhluk itu.

Di masa dewasa, pembelahan dan pembentukan sel baru hanya berfungsi untuk meregenerasi sel yang rusak. Di usia tua, kemampuan untuk membagi sel reproduksi menurun, sehingga sel yang lama dan rusak tidak dapat sepenuhnya diganti dengan sel baru dan akhirnya tidak ada sel baru yang terbentuk lagi.

perkembangan dari

Keanekaragaman hayati juga tumbuh selama pertumbuhan. Pengembangan adalah perubahan dalam struktur atau fungsi tertentu. Perubahan struktur dan fungsi menyebabkan komponen-komponen tubuh menjadi lebih lengkap, sempurna, dan lebih rumit. Karakteristik kemunculannya adalah sebagai berikut.
Sebuah. Individu yang kualitatif sedang meningkat.
b. Ada proses pematangan.
c. Itu tidak bisa dinyatakan dengan angka, panjang, atau berat.
d. Sistematis, progresif, dan berkelanjutan. Ini berarti bahwa proses pengembangan akan berlanjut hingga makhluk mati.

Peristiwa pertumbuhan selalu disertai dengan pertumbuhan. Ketika proses pertumbuhan terjadi, organ dibentuk dengan fungsi khusus. Fungsi organ yang terbentuk sesuai dengan tujuan pembentukan organ-organ ini. Perubahan bentuk tubuh dan karakteristik individu sering dipengaruhi oleh fungsi organ.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan dan manusia

Pertumbuhan dan perkembangan hewan terjadi di setiap bagian tubuh. Pertumbuhan ini akan membuat bagian tubuh hewan lebih besar dan lebih panjang. Pertumbuhan dan perkembangan hewan dan manusia dipengaruhi oleh unsur-unsur dalam makhluk (internal) dan unsur-unsur eksternal (eksternal).

Sebuah. Faktor internal

Faktor-faktor dalam organisme yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan termasuk yang berikut ini.
1) gen
Gen adalah penentu warisannya dari seorang ibu. Karakteristik yang diwarisi oleh gen dari masing-masing jenis hewan berbeda.
2) Hormon
Hormon mempengaruhi aktivitas di dalam tubuh. Hormon yang memengaruhi pertumbuhan hewan dan manusia disebut hormon pertumbuhan.

b. Faktor eksternal

Pertumbuhan dan perkembangan juga dipengaruhi oleh faktor eksternal. Faktor eksternal yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan dan manusia adalah sebagai berikut.
1) Makanan
Semua makhluk hidup membutuhkan makanan sebagai sumber energi dan zat pembangun tubuh. Makanan sebagai sumber energi adalah karbohidrat,


Baca Juga :