Umum

Peranan Peranti Lunak yang Mudah Digunakan Pengguna

Peranan Peranti Lunak yang Mudah Digunakan Pengguna

Peranti lunak komputer yang sederhana dan penggunaannya intuitif sering kali di katakan mudah digunakan pengguna (user-friendly). Istilah ini mungkin dapat memiliki suatu konotasi negatif di mana secara tidak langsung dapat diartikan bahwa aplikasi ini telah dibuat dengan begitu sederhana sehingga semua orang dapat mempergunakannya.

Karakteristik aplikasi yang mudah digunakan adalah sebagai berikut:

  • Dialog yang dipandu untuk mengarahkan pengguna sehubungan dengan data apa yang dibutuhkan, format data yang diminta, dan masalah-masalah lainnya yang serupa
  • Menu, daftar perintahdengan langkah-langkah yang ditampilkan kebawah, dan icon: banyak cara untuk menyelesaikan tugas yang sama memberikan panduan kepada pengguna yang masih awam sekaligus pada waktu yang bersamaan memungkinkan lebih banyak pengguna yang mahir mengambil jalan singkat untuk menyelesaikan tugas
  • Pola dan formulir-formulir isian
  • Bantuan yang sensitif pada konteks. Informasi yang membantu hendaknya diberikan pada titik tertentu di mana pengguna mengalami kesulitan, yang membutuhkan program komputer untuk tetap melacak pada bagian aplikasi sebelah mana permintaan spesifik pengguna berasal
  • Antarmuka berbentuk grafis dengan cara menggunakan simbol-simbol terstandardisasi; pengguna hendaknya tidak diharapkan untuk mempelajari icon-icon baru ketika setiap aplikasi ditulis. Harus terdapat standarisasi dalam arti dan penggunaan icon serta lokasinya pada antarmuka diantara berbagai jenis aplikasi.

KOMUNIKASI

Kecepatan transmisi dapat antarkomputer yang berlangsung melalui sistem telepon publik sering kali lebih lambat dari pada ketika komputer tersambung melalui jaringannya sendiri. Alasannya adalah karena protokol untuk komunikasi sistem telepon publik dirancang untuk komunikasi suara dan kualitas serta kecepatan saluran komunikasi ini tidak harus tinggi. Protokol adalah spesifikasi dalam pemformatan data yang akan ditransfer di antara peralata komunikasi.

Koneksi Publik

Seseorang yang menggunakan sistem telepon tetap dapat memahami komunikasi. Protokol-protokol untuk sistem telepon publik dirancang untuk memenuhi kriteria minimum transmisi suara—transmisi analog bermutu rendah—dan kualitas yang dibutuhkan untuk komunikasi data secara signifikan lebih rendah dari pada yang dibutuhkan untuk transmisi data komputer. macam-macam koneksi sebagai berikut:

Modem telepon menghubungkan sekitar setengah komputer rumah ke internet pada kecepatan 56 Kbps (56.000), alat untuk menghubungkan komputer melalui saluran telpon standar.

Modem kabel memilki kecepatan 2 Mbs, yang merupakan alat yang menghubungkan ke kabel coaxial yang diberikan oleh penyedia layanan TV kabel kesebuah komputer untuk mendapatkan akses internet.kecepatan modem ini sangat bervariasi dengan kecepatan 2Mbps sebagai kecepatan yang sering kali dipublikasikan dalam iklan-iklan penyedia TV kabel.

Jaringan layanan digital terintegrasi (Integrated Services Digital Network), sebuah koneksi dengan menggunakan saluran telpon standar sebagai saluran terpisah yang masing-masing berkomunikasi pada kecepatan saluran-saluran ini digabungkan sehingga gabungan dasar “dasar” dari dua saluran akan menghasilkan kecepatan komunikasi sebesar 128 Kbps. Gabungan yang paling sering adalah 23 saluran, yang menghasilkan kecepatan komunikasi sebesar 1.5 Mbps.

Saluran berlangganan digital (Digital Subcriber Line), memiliki kecepatan 32 Mbps hal ini merupakan teknologi yang serupa dengan ISDN tetapi lebih canggih dalam mengambil kuntungan dari kemampuan kecepatan berkomunikasi saluran telepon.

Sumber: https://multiply.co.id/