Kesehatan

Pengelompokan Pos-pos Neraca (Rill Account)

Pengelompokan Pos-pos Neraca (Rill Account)

  1. Aktiva (Asset)

Aktiva adalah semua milik (kekayaan) perusahaan baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud yang dapat dinilai dengan uang. Pada umumnya aktiva dapat dibagi menjadi lima golongan yaitu : Aktiva Lancar (Current Assets), Investasi Jangka Panjang(Long Term Investment), Aktiva Tetap (Fixed Assed), Aktiva Tidak berwujud (Intangible Assets), Aktiva Lain-lain (Other Asset).

–            Aktiva Lancar (Current Asset)

Adalah uang tunai dan aktiva lain yang diharapkan dapat dicairkan menjadi uang tunai dalam jangka waktu satu tahun atau kurang melalui operasi normal perusahaan. Yang termasuk dalam aktiva lancar adalah sebagai berikut :

o    Kas (Cash) adalah semua uang tunai dan surat berharga yang berfungsi sebagai uang tunai yangdisimpan dibank dan setiap saat dapat diambil.

o    Surat berharga/efek (Marketable Securities) adalah surat berharga berupa saham dan obligasi yang dapat diperjual belikan melalui bursa.

o    Piutang Usaha (Account Receivable) adalah tagihan kepada pihak lain tanpa perjanjian tertulis yang pelunasanya dalam jangka pendek (kurang dari satu tahun).

o    Wesel Tagih (Note receivable) adalah tagihan kepada pihak lain yang disertai perjanjian tertulis yang pelunasannya dalam jangka pendek.

o    Perlengkapan (Office Supplies) adalah barang yang dipergunakan untuk kegiatan perusahaan yang habis terpakai dalam jangka kurang dari satu tahun. Contohnya alat tulis, kertas perangko.

o    Beban dibayar di muka (Prepayment) adalah beban yang telah dikeluarkan tetapi belum diterima manfaatnya atau belum menjadi kewajiban. Contohnya, sewa dibayar dimuka dan bunga dibayar di muka.

o    Pendapatan yang akan diterima adalah pendapatan atas pekerjaan yang telah diselesaikan, tetepi belum diterima pembayarannya.

o    Persediaan barabg dagang (Inventory) adalah barang dagangan yang diperjual-belikan.

–            Investasi Jangka Panjang (Longterm Investment)

adalah investasi yang tidak dimaksudkan untuk dicairkan menjadi uang kas dalam operasi normal perusahaan atau dalam waktu satu tahun. Yang termasuk Investasi jangka panjang antara lain : Penanaman Modal dalam Saham, Penanaman Modal dalam Obligasi, Penanaman modal dalam bentuk dana.

–            Aktiva Tetap (Fixed Assets)

adalahAktiva berwujud yang dipergunakan dalam operasi perusahaan yang mempunyai umur ekonomi lebih dari satu tahun atau yang sifatnya relatif tetap. Yang termasuk golongan aktiva tetap, anatara lain kendaraan, peralatan kantor, mesin-mesin, gedung dan tanah yang digunakan untu lokasi usaha. Aktiva tetap dalam penggunaanya secara bertahap akan menyusut atau berkurang nilai kegunaanya, kecuali tanah.

Sumber :

https://movistarnext.com/tim-spektronics-its-juara-di-amerika/