Kesehatan Pendidikan

Pembenihan

Pembenihan

Pembenihan adalah proses dari penyiapan benih. Pembenihan merupakan proses persiapan dari benih yang akan di budidayakan. Pembenihan tidak boleh asal pilih, karena kualitas pada benih akan disaring pada proses ini, dalam artian pembenihan disini akan memisahkan antara benih yang siap dikembangkan dan mana yang tidak. Karena jika benih tersebut jelek maka akan terganggu dalam proses pembesaran. Dampaknya adalah banyak ikan yang terhambat (kerdil), mudah terserang penyakit, dan akan terjadi pembibitan dengan kualitas anakan yang jelek. Maka dari itu, pembenihan merupakan faktor penting dalam proses budidaya.
2) Pembibitan
Pembibitan merupakan proses lanjutan dari pembenihan. Jika pembenihan berhasil makan selanjtnya pun juga harus diperhatikan masalah pembibitan, karena ini pun mempengaruhi pada hasil produk nantinya.
3) Pembesaran
Proses ini adalah proses yang mendekati tingkat akhir sebelum hasil. Tetapi proses pembesaran ini bisa juga tidak dilakukan karena terkadang ada konsumen yang memesan ikan atau hasil produk dengan ukuran yang maih kecil atau tidak terlalu besar. Hal itulah yang menyebabkan proses ini bisa iya atau tidak. Proses ini dibantu dengan kualitas air yang baik, nutrisi pakan yang baik, pencegahan terhadap hama dsb.

3. Output

1) Produk untuk konsumsi

Ini adalah bagian terakhir setelah kita bekerja dari mulai menyiapkan segala suatu hal demi hasil produk yang baik yang kita inginkan. Produk konsumsi biasanya tidak terlepas juga dari bantuan pemasaran tetapi, ketika usaha kita telah maju biasanya konsumen sendiri yang datang bukan kita yang repot memasarkan. Produk hasil konsumsi pun kita harus sortir kembali karena terkadang ada produk yang tidak terlalu bagus atau (BS). Hal ini disebabkan tadi akibat kurangnya perhatian atau penanganan budidaya dari pekerja.
B. Permasalahan Budidaya Perikanan Indonesia
Ketika berbicara suatu hal, pasti hal tersebut akan mempunyai sebuah masalah bahkan beberapa masalah. Di dunia umum perikanan banyak masalah yang timbul dari sektor Pemerintah atau pun sektor masyarakat Indonesia. Seperti dari sektor Pemerintah sendiri sebetulnya terkadang Pemerintah kita kurang mengelola sumber daya alam di perikanan atau kelautan. Bahkan cenderung dibiarkan begitu saja. Tapi ketika perairan kita sumber dayanya di ambil baru Pemerintah kita menggembor – gemborkannya seperti pertanda perang. Padahal saya sendiri yakin jika Peerintah itu sendiri kuat dalam mempertahankannya dan dalam pengawasannya saya yakin tidak akan ada hal seperti itu. Kita terlalu terlena dengan keadaan alam yang sudah enak sehingga kebanyakan kita menunggu untuk mengimport dan itu hal yang sangat aneh menurut saya.