Umum

Nilai-nilai Islami Dalam Keadilan yang Terintegrasi dengan Pelajaran IPA

Nilai-nilai Islami Dalam Keadilan yang Terintegrasi dengan Pelajaran IPA

Adil dalam Islam memiliki suatu basis ilahiah, berakal dalam moralitas sehingga prinsip pertama adil ujud pengabdian manusia kepada sifat Allah (al-adl). Artinya, dapat menetapkan sesuatu pada tempatnya. Sifat adil artinya suatu sifat yang teguh, kukuh, yang tidak memihak kepada seseorang atau golongan. Berlaku adil dapat dikelompokkan menjadi empat. Berlaku adil kepada Allah, diri sendiri, orang lain, dan mahluk lain. Dalam kontek pendidikan arti korupsi hendaknya setiap pelayan masyarakat berlaku adil kepada sesama, tidak memandang dari penampilan, dan semua harus dilayani  adil. Jangan sampai melayani seseorang karena kedekatan atau karena ada amplop.

Manusia dalam hidupnya harus mempertimbangkan aspek moral dan keadilan. Aspek moral dan akhlak sangat diperlukan saat manusia menjalankan fungsinya sebagai mahluk sosial dan ekonomi. Penggunaan moral dan akhlak serta keadilan dapat menghindarkan terjadinya pemenuhan kebutuhan dengan menghalalkan segala cara. Oleh karena itu, guru IPS dapat memberikan pengetahuan yang terintegrasi kepada nilai-nilai keadilan dalam pelajaran yang diampunya.

Nilai-nilai Islami Tanggung Jawab dan Amanah yang Terintegrasi dengan Pelajaran Ekonomi

Tanggung jawab adalah wujud pengabdian manusia kepada sifat Allah (al-wakiil). Tanggung jawab merupakan kerja moral atas perintah kepemimpinan. Sebesar apapun kepemimpinan itu harus dijiwai dengan rasa tanggung jawab sebagai pemanggul amanah. Amanah adalah segala sesuatu yang dipercayakan kepada manusia, baik yang menyangkut hak dirinya, hak orang lain maupun hak Allah. Dengan kata lain, hadirnya suatu kekuatan dalam dirinya, baik ia sebagai pemimpim, sebagai guru, maupun sebagai anak, dalam memelihara kemantapan rohaninya untuk berada dijalannya. Ia tidak berkeluh kesah ketika ditimpa musibah, tidak melampaui batas ketika mendapat kesenangan, serta  tidak berkhianat kepada Allah SWT.

Tanggung jawab berarti teguh hingga terlaksananya tugas. Tekun melaksanakan kewajiban sampai tuntas. Misalnya, anak diberi tanggungg jawab mengelola dana kegiatan olah raga di sekolahnya. Rasa tanggung jawab anak terlihat ketika dana dipakai seoptimal mungkin untuk menyukseskan kegiatan olah raga. Contoh lain ketika diberi tanggung jawab untuk menyelenggarakan peringatan hari besar Islam (PHBI), ia melaksanakan dengan baik tanpa menilep uang iuran PHBI sedikitpun. Ia melaksanakan dengan penuh tanggung jawab, karena rasa tanggung jawab adalah bagian terpenting dalam pendidikan anak menuju kedewasaan dan menjadi orang yang bermutu sebagai manusia.

Peran guru Ekonomi menanamkan nila-nilai islami tentang tanggung jawab dan amanah, sebab menyangkut hajat orang banyak dan amanah terhadap hak-hak publik. Hal itu dikarenakan mengurangi sesuatu yang bukan haknya sama halnya dengan korupsi terhadap hak-hak orang lain.

https://haciati.co/