Macrolides
Umum

Macrolides

Macrolides

Macrolides
Antibiotik macrolides memiliki spektrum lebih luas dibandingkan dengan penisilin dan digunakan untuk mengobati infeksi saluran pernafasan, infeksi saluran lambung dan lainnya. Namun macrolides dapat mencegah biosintesis terhadap protein bakteri. Biasanya diberikan untuk mengobati pasien yang sangat sensitif terhadap penisilin.

Efek sampingnya adalah ketidaknyamanan pencernaan, mual, dan diare. Antibiotik ini juga dilarang untuk wanita hamil dan menyusui.

5. Sulfonamides

Antibiotik sulfonamides sangat efektif mengobati infeksi ginjal. Namun sayangnya memiliki efek berbahaya juga pada ginjal. Ini disebabkan oleh sistem pembentukan kristal dari kandungan kimia. Karena itu untuk mencegah pembentukan kristal obat, pasien diharuskan banyak-banyak minum air mineral saat mengkonsumsi antibiotik sulfonamides. Salah satu obat sulfa yang paling sering digunakan adalah gantrisin.

6. Fluoroquinolones
Fluoroquinolones merupakan satu-satunya kelas antibiotik yang secara langsung dapat menghentikan sintesis DNA bakteri. Antibiotik ini dianggap relatif aman dan banyak digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih dan saluran pernapasan.

Sayangnya antibiotik ini, dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang. Maka tidak direkomendasikan pada wanita hamil dan anak-anak. Efek samping lainnya adalah mual, muntah dan diare.

7. Tetracyclines dan polypeptides
Jenis antibiotik tetracyclines adalah antibiotik spektrum luas yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai infeksi. Seperti infeksi gendang telinga, saluran pernafasan dan saluran kantung kemih.

Sayangnya tidak baik bagi orang yang mengalami gangguan fungsi hati. Sedangkan polypeptides dianggap cukup beracun sehingga hanya digunakan pada permukaan kulit saja.

Polypeptides dapat menyebabkan efek samping seperti kerusakan ginjal dan saraf.

Sasaran Spesifik
Satu jenis antibiotik tidak akan mampu membunuh semua bakteri. Antibiotik juga diklasifikasikan berdasarkan kekhususan target. Itu sebabnya antibiotik diklasifikasikan menjadi antibiotik spektrum luas dan antibiotik spektrum sempit.

Antibiotik spektrum luas efektif membunuh jenis bakteri patogen (tetracycline, tigecycline, dan chloramphenicol). Sedangkan antibiotik spektrum sempit (oxazolidinone dan glycylcycline) direkomendasikan untuk mengobati jenis tertentu dari bakteri penyebab penyakit.

Resistensi Antibiotik
Penggunaan jangka panjang antibiotik atau terlalu sering menggunakan antibiotik dengan dosis semakin meningkat akan

 

Recent Posts