Otomotif

Kewajiban Jangka Panjang (Long-term Liabilities) 

Kewajiban Jangka Panjang (Long-term Liabilities)

adalah keharusan membayar kepada pihak lain dalam waktu relatif lama atau lebih dari satu tahun. Bila kewajiban tersebut telah jatuh tempo dan harus dibayar dalam periode satu tahun, maka menjadi kewajiban lancar. Namun, jika tidak dibayar pada waktu jatuh temponya atau diperpanjang jangka pelunasannya, maka kewajiban tersebut akan tetap digolongkan sebagai kewajiban jangka panjang. Yang termasuk dalam kewajiban jangka panjang meliputi, Pinjaman Obligasi dan Utang Hipotek.

o    Obligasi adalah surat bukti utang perusahaan kepada pemegang yang pelunasannya lebih dari satu tahun dengan imbalan jasa berupa bunga.

o    Utang hipotek adalah kewajiban jangka panjang yang disertai dengan jaminan aktiva tetap.

  1. Ekuitas / Modal ( Equity)

Hak milik bersih pemilik perusahaan atas kekayaan perusahaan disebut modal pemilik. kekayaan perusahaan dikurangi hutang-hutang adalah modal pemilik dalam perusahaan tersebut

  1. Bentuk Neraca

Bentuk laporan neraca ada dua, yaitu :

–            Bentuk Horizontal (Bentuk Scontro) Dalam bentuk ini aktiva di sisi kiri dan, kewajiban dan modal disisi kanan.

–            Bentuk Vertikal (Bentuk Staffel) Dalam bentuk ini aktiva dicatat paling atas sedang kewajiban dan modal dicatat paling bawah.

  1. Laporan Laba – Rugi
  2. Pengelompokan Pos-pos Laporan Laba Rugi (Nominal  AccountAccount)
  3. Pendapatan

Pendapatan adalah penambahan kotor terhadap ekuitas yang berasl dari kegiatan usaha atau hasil yang diperoleh dari kegiatan perusahaa. Pendapatan diperoleh dari hasil penjualan barang atau jasa yang merupakan usaha pokoknya. Pendapatan dapat dibedakan menjadi 2 yaitu, Pendapatan Operasional dan Pendapatan Non Operasional.

–            Pendapatan Operasional adalah pendapatan yang diperoleh dari usaha pokok. Contohnya, Pendapatan Servis pada perusahaan jasa reparasi, pendapatan jasa pada perusahaan jasa Salom atau Taxi, dan pendapatan sewa film pada perusahaan persewaan film.

–            Pendapatan Non Operasional adalah pendapatan yang diperoleh diluar usaha pokok. Misalnya, pendapatan bunga, pendapatan komisi, dan laba dari penjualan aktiva.

 

Recent Posts