Umum

JENIS-JENIS JARINGAN

JENIS-JENIS JARINGAN

Meskipun banyak pengguna merasakan sepertinya hanya terdapat satu jaringan, yaitu Internet, terdapat beberapa jenis jaringan yang membangun blok-blok yang bergabung dan memungkinkan terjadinya Internet. Internet itu sendiri hanyalah satu jaringan dari jaringan-jaringan lain.

Memahami bermacam-macam jenis jaringan merupakan hal penting, karena masing-masing dapat memainkan peranan yang berbeda dalam strategi komunikasi perusahaan. Bermacam-macam jenis jaringan secara efektif dapat membagi-bagi komunikasi. Sebagai analoginya adalah tata ruang gedung yang di tempati oleh sebuah perusahaan.

           Untuk dapat dimasukkan ke dalam suatu jaringan, setiap peralatan-setiap komputer, printer, atau alat-alat lain yang serupa harus terpasang pada media komunikasi melalui kartu antarmuka jaringan. Kartu antarmuka jaringan atau  network interface card (NIC) bertindak sebagai suatu perantara diantara data yang bergerak menuju dan dari komputer atau peralatan lain dan jaringan.

Jaringan Area Lokal (Local Area Networks)

Jaringan Area Lokal atau Local Area Networks (LAN) adalah sekelompok komputer dan alat-alat lainnya (seperti printer) yang terkoneksi oleh suatu media yang sama. Media ini biasanya berupa kabel tembaga, namun dapat berupa nirkabel, serat optik, atau media-media lainnya. LAN biasanya menggabungkan komputer-komputer yang secara fisik berdekatan, seperti berada di ruangan atau gedung yang sama. Hanya komputer dan alat-alat lain dalam jumlah yang terbatas yang dapat terhubung ke satu LAN.

           Sebagai aturan umum, LAN mencakup jarak total sebesar kurang dari satu setengah mil, dengan jarak diantara kedua alat tidak lebih dari 60 kaki. Jarak ini hanya merupakan panduan, karena spesifikasi yang dikarenakan oleh jenis media komunikasi, NIC yang digunakan, dan peranti lunak LAN akan menentukan jarak nyata yang dibutuhkan. Kecepatan data transmisi saat ini di dalam LAN biasanya berjalan dari 10 juta hingga 1.000 juta bit per detik (10 Mbps hingga 1 Gigabit per detik). LAN hanya menggunakan media jaringan pribadi: LAN tidak memindahkan data melalui sistem telepon publik.

            Peranti keras jaringan komunikasi

NAMA URAIAN
HUB Alat yang menerima paket data dari sebuah komputerpada satu ujung jari-jari top[ologi bintang dan menyalin isinya kepada seluruh alat yang lain.
REUTER Alat yang menghubungkan LAN. Router tidak hanya memancarkan kembali data tetapi juga mengolah informasi pengendali yang dimuat dalam paket-paket komunikasoi agar menentukan LAN mana yang akan menerima data.
SWITCH Switch menyaring data dari satu jalur jaringan ketika jalur tersebut tidak akan berisi computer yang dituju. Sebagai hasil dari penyaringan akan menghilangkan lalu lintas data yang tidak perlu untuk menjadikan komunikasi lebih efisien.

Jaringan Area Metropolitan dan Jaringan Area Luas

           Jaringan Area Metropolitan atau metropolitan area network (MAN) adalah suatu jaringan yang memiliki batas jarak fisik sebesar kurang lebih 30mil. Jarak yang di jangkau ini membedakan MAN dari LAN. Secara konsep, MAN mungkin merupakan jaringan yang menghubungkan seluruh suite di dalan gedung ( seluruh departemen). Menghubungkan beberapa gedung dari satu organisasi bersama, seperti bangunan-bangunan dalam kampus sebuah universitas, adalah aplikasi umum dari MAN.

Baca juga: