Umum

Jaringan Pribadi Maya

Jaringan Pribadi Maya (Virtual Private Networks)

Saluran pribadi mahal biayanya, paling tidak jika dibandingkan dengan koneksi Internet. Saluran pribadi lebih aman, karena data organisasi Anda adalah satu-satunya data yang berada pada saluran komunikasi. Untuk menikmati keamanan dan kecepatan saluran pribadi namun tetap dapat menggunakan jaringan internet yang berbiaya rendah yaitu dengan VPN. Jaringan Pribadi Maya (Virtual Private Networks—VPN) untuk mengimplementasikanya, organisasi perlu mengadakan kontrak dengan penyediaan layanan  Internet yang menggunakan peranti lunak tunneling. Microsoft dan Cisco Syistem, sebagai dua vendor utama peranti keras komunikasi dan peranti lunak-peranti lunak terkait mendukung peranti lunak tunneling.

Komunikasi-Jaringan

Peranti lunak tunneling hanya mnciptakan seperangkat lokasi-lokasi perantara peralatan telepon yang akan mnyelenggarakan transfer komunikasi data tertentu. Privasi tetap dijaga karena tunnel tersebut tidak dibuat kecuali jika komputer pengirim dan penerima saling mengonfirmasikan kebenaran masing-masing.

International organization for standardization didirikan pada tahun 1946; organisasi ini menciptakan arsitekture standar Interkoneksi Sistem Terbuka (Open Systems Interconnection—OSI) bagi koneksi-koneksi jaringan. OSI terdiri atas tujuh model lapisan yang ditampilkan dalam tabel dibawah ini:

LAPISAN NAMA LAPISAN TUJUAN
7 Lapisan Aplikasi Melaksanakan komunikasi aplikasi ke aplikasi
6 Lapisan Presentasi Mengelola konversi penyajian data
5 Lapisan Sesi Membuat dan memlihara saluran komunikasi
4 Lapisan transfor Menjamin integritas pengiriman data dari ujung ke ujung
3 Lapisan jaringan Mengedarkan data dari satu alamat jaringan ke alamat jaringan yang lain
2 Lapisan link data Memindahkan data dari satu alamat jaringan ke alamat jaringan yang lain
1 Lapisan fisik Menyimpan dan mengambil data dari media jaringan

Protokol untuk Komunikasi Komputer

Komputer pada awalnya tidak dirancang untuk  berbagi data dengan komputer lain, dan hanya dengan terminal-terminal. Terminal adalah suatu alat yang tidak memilki ruang penyimpanan atau prosesor, terminal hanya menyediakan alat memasukan dan menampilkan data bagi komputer. IBM menyadari keterbatasan komunikasi ini sebagai suatu masalah, khususnya karena perusahaan tersebut ingin menjual beberapa komputer kepada satu perusahaan. Sebagai tanggapan atas keterbatasan komunikasi ini, IBM dan perusahaan-perusahaan lain mulai mengembangkan protokol komunikasi.

           IBM menciptakan System Network Architecture sebagai satu protokol miliknya pada tahun 1974. Protokol ini dirancang untuk komputer-komputer besar, bukan komputer mikro. IBM juga menyadari bahwa tidak semua pelanggannya mampu  atau ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk mengendalikan peranti keras. Kemudian perusahaan mulai mengembangkan protokol miliknya yang tidak mengandalkan diri pada satu komputer induk untuk mengendalikan komunikasi kekomputer-komputer lain, melainkan yang akan memperlakukan komputer lain sebagai sesama (peer).

           Protokol peer to peer memungkinkan setiap komputer untuk bertindak sebagai pengendali dirinya sendiri. IBM menamakan protokol ini lingkaran tanda (token ring), karena satu tanda token logis akan diedarkan diantara sesama komputer. komputer yang memegang token adalah komputer yang diperbolehkan untuk mengendalikan komunikasi.

Sumber: https://carbomark.org/