Pendidikan

Pengertian Sejarah Berdasarkan Bentuk dan Sifatnya

Pengertian Sejarah Berdasarkan Bentuk dan Sifatnya

  1. Sejarah sebagai peristiwa

Peristiwa merupakan aktivitas manusia yang hanya sekali terjadi dan hilang bersama dengan lewatnya waktu, yang kemudian dilanjutkan dengan aktivitas lain. Sejarah sebagai peristiwa adalah peristiwa masa lampau, dalam arti peristiwa sebagaimana terjadi.

  1. Sejarah sebagai kisah

Sejarah sebagai kisah adalah peristiwa yang sudah terjadi diungkap kembali melalui tulisan maupun lisan. Peristiwa sejarah yang dimaksud terutama peristiwa-peristiwa penting yang menyangkut kehidupan manusia secara umum.

  1. Sejarah sebagai ilmu

Sejarah sebagai ilmu dikarenakan sejarah sebagai pengetahuan. Ilmu pengetahuan sejarah seperti halnya ilmu pengetahuan lainnya mulai berkembang pada abad ke-19. Pengetahuan ini meliputi kondisi-kondisi masa manusia yang hidup pada suatu jenjang sosial tertentu.

Ciri-ciri sejarah sebagai ilmu adalah

  1. Sejarah itu mempunyai obyek, yaitu aktivitas dan peristiwa di masa lampau.
  2. Sejarah itu mempunyai teori, yaitu memberi penjelasan tentang kapan sesuatu itu terjadi.
  3. Sejarah itu mempunyai metode, yaitu bahwa suatu pernyataan dari peneliti harus didukung oleh bukti-bukti sejarah. Proses rekonstruksi sejarah mulai dari heuristik (mencari sumber sejarah), kritik sumber, interpretasi data sampai dengan penulisan hasil penelitian (historiografi), harus berdasarkan metode. Dengan metode itu rekonstruksi sejarah akan menghasilkan tulisan sejarah ilmiah dan penulisan sejarah tanpa dilandasi oleh metode sejarah hanya akan menghasilkan tulisan populer yang uraiannya bersifat deskriptif naratif dan tidak menunjukkan ciri-ciri karya ilmiah sejarah.

sumber :
https://periskop.co.id/tank-battle-apk/