KOMPETENSI UNTUK KEPEMIMPINAN
Pendidikan

KOMPETENSI UNTUK KEPEMIMPINAN

KOMPETENSI UNTUK KEPEMIMPINANKOMPETENSI UNTUK KEPEMIMPINAN

Seorang pemimpin sangat memperlukan pengembangan kompetensi (pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan) yang mereka butuhkan untuk menjadi pemimpin yang lebih efektif. Lebih dari 100 tahun penelitian kepemimpinan telah menguraikan keterampilan untuk sukses dan kemampuan yang berkaitan dengan efektivitas kepemimpinan.

1 Kecerdasan Sosial (Social Intelligence).

Bagaimana mengembangkan Kecerdasan Sosial? Membuka diri untuk orang yang berbeda, situasi sosial yang berbeda dan bekerja untuk mengembangkan cara pandang sosial dan kemampuan untuk melibatkan orang lain dalam percakapan.

2 Keterampilan Interpersonal (Interpersonal Skills).

Bagaimana mengembangkan Keterampilan Interpersonal? Menjadi pendengar yang aktif, bekerja pada keterampilan percakapan, berbicara dan bekerja pada hubungan pribadi dengan teman-teman, kerabat, dan lainnya.

3 Keterampilan Emosional / Intelligence (EI).

Bagaimana mengembangkan Keterampilan Emosinal? Mempraktekkan dengan “membaca” isyarat nonverbal dari orang lain, khususnya isyarat emosi. Belajarlah untuk mengatur, mengontrol emosi dan luapan emosi diri sendiri. Latihan mengungkapkan perasaan, menjadi emosional yang efektif “aktor” dan belajar bagaimana mengekspresikan emosi secara tepat.

4. Prudence.

Bagaimana mengembangkan Prudence? Mendengarkan orang lain. Berupaya untuk lebih terbuka dan lebih berpikiran luas. Belajarlah untuk meminta pendapat orang lain dan menganggap mereka sebagai diri Anda yang sedang memilih suatu tindakan.

6 Manajemen Konflik (Conflict Management).

Bagaimana mengembangkan Keterampilan Manajemen Konflik? Ada kursus dan pelatihan yang tersedia untuk membantumu memahami dan mempelajari strategi manajemen konflik. Sebagian besar dari pengelolaan konflik adalah membantu pihak yang bertikai untuk bekerja sama (saling menguntungkan) atau kompromi (masing-masing pihak harus fleksibel dan menghasilkan sesuatu).

7 Membuat Keputusan (Decision Making).

Bagaimana mengembangkan keterampilan dalam Pengambilan Keputusan? Pengalaman dan belajar ketika pengambilan keputusan disaat ada yang tidak beres dan langsung turun tangan untuk langsung mengatasinya adalah merupakan cara terbaik untuk mengasah keterampilan ini. Kita sering belajar lebih banyak dari kesalahan dari pada dari keberhasilan kita.

8 Keterampilan Berpolitik (Political Skills).

Bagaimana mengembangkan Keterampilan Politik? Mirip dengan banyak kompetensi kepemimpinan yang lebih berkembang, keterampilan politik dipelajari melalui pengalaman dan belajar tentang orang-orang dan dinamika sosial.

9. Pengaruh Keterampilan (Influence Skills).

Bagaimana mengembangkan Pengaruh Keterampilan? Pelatihan dalam perdebatan dapat membantu dan mengungkapkan argumen yang masuk akal. Melihat sesuatu dari perspektif orang lain dapat membantu memahami apa yang mereka inginkan dari negosiasi dan memungkinkan Kita untuk fokus pada situasi saling menguntungkan.

10 Mencakup Bidang Keahlian (Area Expertise).

Bagaimana mengembangkan Mencakup Bidang Keahlian? Seperti semua kompetensi yang baik, pengembangan adalah proses seumur hidup. Para pemimpin yang efektif mendapatkan keahlian dan kompetensi serta mencoba untuk mempelajari tentang produk mereka, organisasi dan anggota tim.


Baca juga: https://whypoll.org/aen-mad-hill-bike-apk/