Otomotif

Kenali Sistem Transmisi dan Fitur Mobil Otomatis

Seiring dengan berjalannya teknologi di bidang otomotif semua pemakai malah ‘dimanjakan’ dengan sekian banyak fitur yang terdapat di kendaraanya. Dahulu transmisi mobil otomatis (matic) paling jarang diproduksi oleh produsen mobil, sangat bertolak belakang dengan ketika ini dimana nyaris seluruh mobil yang diproduksi dan diperjualbelikan memakai transmisi mobil otomatis.

Untuk Kalian yang menggunakan mobil matic tentu telah tidak asing dengan fitur yang terdapat di transmisi mobil otomatis. Bahkan barangkali sebagian dari anda mengendarai mobil ini guna menunjang kegiatan keseharian. Sebagian orang lebih senang memakai mobil dengan transmisi mobil otomatis sebab pemakaiannya dirasa lebih mudah dikomparasikan mobil yang menggunakan transmisi mobil manual.

Hal ini pasti saja bukanlah sesuatu yang mencengangkan sebab di antara keuntungan utama yang ditawarkan oleh transmisi otomatis memang fasilitas dalam pengoperasian kendaraan sebab jenis transmisi ini tidak mempunyai pedal kopling.

Di samping pengoperasian yang lebih mudah, transmisi mobil otomatis ini pun mempunyai perpindahan yang kecepatan yang lebih lembut dari transmisi manual sampai-sampai ketika dipakai mobil yang mempunyai jenis transmisi ini memang terasa lebih nyaman. Kalian tidak akan menikmati hentakan-hentakan pada saat eksodus kecepatan laksana layaknya mobil transmisi manual sampai-sampai mobil melulu terasa berlangsung dengan mulus.

Meski telah sering memakai mobil transmisi otomatis dalam keseharian, tetapi sepertinya masih tidak sedikit yang belum tahu terdapat fitur apa saja dan apa makna dari tulisan-tulisan yang terdapat pada tuas transmisi mobil otomatis. Oleh sebab itu, ayo simak penjelasan tentang apa makna dari artikel pada tuas transmisi mobil otomatis dan terdapat fitur apa saja yang butuh Kalian ketahui.

Arti huruf pada tuas transmisi mobil otomatis
Mobil dengan transmisi otomatis dikendalikan dengan melulu menggerakkan tuas percepatan, ke posisi tertentu. Umumnya, posisi tuas dibentuk menurut bentuk P-R-N-D-3-2-L. Kemudian juga, mesin mobil matik hanya dapat dihidupkan saat tuas pada posisi P (parkir) ataupun N (netral) saja.

Biasanya, di tuas transmisi mobil otomatis terdapat sejumlah huruf dan angka laksana P, R, N, D, 3, 2, dan L bukan? Apa sih dengan kata lain huruf-huruf tersebut? Biar Kalian paham, berikut makna dari huruf yang terdapat di tuas transmisi mobil otomatis seperti dikutip dari Auto2000.

  • P atau Parkir
  • R atau Reverse
  • N atau Netral
  • D atau Drive
  • 2/S atau Second
  • 1/L

Dengan memahami makna dari huruf yang terdapat pada tuas transmisi mobil otomatis, Kalian sekarang sudah mengetahui apakah yang memisahkan dari masing-masing hurufnya bukan? Di samping itu, Kalian pun sudah memiliki cerminan singkat mengenai bagaimana kinerja dari transmisi mobil otomatis. Tetapi, apakah yang membedakan faedah dari masing-masing huruf pada tuas transmisi mobil otomatis tersebut?

Fungsi huruf dan angka transmisi mobil otomatis
Walaupun pengaplikasian transmisi mobil otomatis melulu tinggal memposisikan tuas di huruf D mobil langsung dapat berjalan, kemudian apa faedah dari huruf beda yang tercantum di tuas transmisi mobil otomatis tersebut? Biar anda lebih paham, inilah penjelasan faedah dari huruf yang tercantum pada tuas transmisi otomatis tersebut.

  • Huruf P pada tuas transmisi mobil otomatis maksudnya ialah Parking atau parkir. Biasanya, P dipakai untuk mobil yang diparkir sampai-sampai transmisi mobil dalam posisi terkunci dan mobil tidak dapat digerakkan.
  • Huruf R pada tuas transmisi mobil otomatis dengan kata lain Reverse alias gigi mundur. N ialah Neutral atau netral sampai-sampai mesin dan transmisi tidak terhubung.
  • Huruf D pada tuas transmisi mobil otomatis ialah singkatan dari Drive atau jalan. Biasanya, mobil matic melaju dengan posisi transmisi D guna berkendara maju. Dengan transmisi D, eksodus gigi dari 1 hingga gigi tertinggi ditata secara otomatis. Pengendara melulu tinggal memasuki gas dan rem saja.
  • Tidak hanya itu, ada pun angka 3 di tuas transmisi mobil otomatis. Fungsinya sebetulnya sama laksana D yaitu guna maju, namun posisi gigi tertingginya diberi batas sampai gigi 3.
  • Angka dua dan L atau 1 pun sama dengan 3. Angka 2 menyangga gigi tertinggi di gigi 2, dan L menyangga gigi tertinggi di gigi 1.
  • Angka 1 dan 2 pada transmisi mobil otomatis biasa digunakan saat engine brake di jalan menurun tajam atau panjang, serta bila berhadapan dengan tanjakan curam. Sebab, bila melulu menggunakan D, terkadang mobil terasa berat saat menanjak.

Nah itulah makna dan faedah dari huruf atau angka yang ada di tuas transmisi mobil otomatis yang paling wajib anda ketahui Kalian. Sistem transmisi mobil adalahsalah satu komponen urgen di dalam suatu kendaraan, pasalnya komponen itu lah yang menciptakan mobil dapat berjalan dan mengantarmu kemanapun yang anda inginkan.

Ketika anda membeli mobil bekas dengan transmisi otomatis, mungkin anda akan mengejar sebuah tombol kecil di unsur tuas transmisi mobil otomatis. Kamu barangkali akan bertanya, apakah faedah dari tombol kecil tersebut, apakah guna mengunci tuas transmisi, atau dipakai untuk parkir paralel?

Fitur overdrive
Tombol kecil yang terdapat di tuas transmisi mobil otomatis itu adalahtombol overdrive (OD). Apa tersebut overdrive? Overdrive ialah tombol pada tuas transmisi mobil otomatis yang bermanfaat untuk mendongkrak atau menurunkan posisi gigi secara otomatis supaya meningkatkan atau menurunkan putaran mesin. Fitur overdrive dapat dimatikan dan dikobarkan sesuai dengan keperluan saat anda berkendara.

Cara memakai fitur overdrive
Cara menggiatkan atau menonaktifkan fitur overdrive pada transmisi mobil otomatis, Kalian melulu tinggal mengurangi tombolnya saja di unsur tuas transmisi. Dengan menggiatkan fitur overdrive, mobil bakal melaju dengan memakai gigi tertinggi. Ketika melaju dengan kecepatan konstan di jalan bebas hambatan, usahakan aktifkan tombol overdrive. Dengan teknik ini pula pemakaian bahan bakar menjadi lebih tepat guna saat melaju konstan.

Akan tetapi, tidak boleh menggunakan fitur ini saat anda sedang melaju di jalanan pegunungan, perkotaan maupun tanjakan. Karena, fitur overdrive pada tuas transmisi mobil otomatis diciptakan untuk menciptakan kinerja mesin enteng di kecepatan tinggi, andai fitur tersebut dipakai di kecepatan rendah atau menanjak akan meminimalisir kecepatan akselerasi.

Tombol shift lock
Fungsi dari tombol shift lock yang ada pada sistem transmisi mobil otomatis ialah untuk menciptakan posisi transmisi pada kendaraan yang sebelumnya dari P dapat dipindahkan ke N (Netral). Dengan adanya fitur itu dapat menyerahkan kemudahan untuk pemilik dalam memarkirkan kendaraan favorit dalam posisi parallel.

Kalian pernah tidak saat sedang pergi ke suatu pusat perbelanjaan atau mall dan mengharuskan anda untuk memarkirkan mobil secara paralel. Nah tombol shift lock bermanfaat untuk mempermudah juru parkir mendorong mobil, saat kamu diwajibkan memarkirkan mobil secara paralel.

Jangan Tarik Tuas Rem Parkir!
Satu urusan yang mesti dikenang saat hendak mengaktifkan tombol ini ialah setelah mengaktifkan faedah shift lock tidak boleh sampai unik tuas rem parkir. Karena pasti saja bakal menjadi sia-sia, dan roda mobil bakal kembali terkunci dan tidak akan dapat didorong guna digeser-geser.

Di samping itu, tanpa shift lock transmisi tidak akan dapat langsung dialihkan ke posisi N dari P. Tidak melulu itu, andai transmisi langsung dialihkan ke posisi N saat parkir, guna mobil matik, kunci kontaknya bakal tidak mau ditarik keluar atau bahkan tidak inginkan dimatikan mesinnya sebelum transmisi berada pada posisi P.

Sumber : https://bit.ly/35IBXwQ