Karakter yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Seorang Pemimpin
Pendidikan

Karakter yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Seorang Pemimpin

Karakter yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Seorang PemimpinKarakter yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Seorang Pemimpin

1. Proaktif vs Reaktif

Pemimpin yang luar biasa selalu berpikir tiga langkah ke depa. Bekerja untuk menguasai lingkungannya sendiri dengan tujuan menghindari masalah sebelum itu muncul.

2. Fleksibel / Mudah beradaptasi

Mampu menangani diri sendiri dalam situasi yang tidak terduga atau tidak nyaman? Seorang pemimpin yang efektif akan beradaptasi terhadap lingkungan dan situasi yang baru, melakukan hal terbaik untuk menyesuaikan diri.

3. Sebuah Komunikator Baik

Sebagai seorang pemimpin, harus banyak… mendengarkan… ! seorang pemimpin harus bersedia bekerja untuk memahami kebutuhan dan keinginan orang lain. Seorang pemimpin yang baik menanyakan banyak pertanyaan, mempertimbangkan semua pilihan, dan mengarah ke arah yang benar.

4. Menghormati

Memperlakukan orang lain dengan hormat pada akhirnya akan mendapatkan rasa hormat.

5. Memiliki Keyakinan

Pastikan diri dengan niat rendah hati.

6. Antusias

Semangat itu menular. Ketika seorang pemimpin termotivasi dan bersemangat akan menyebabkan orang lebih cenderung mengikuti.

7. Pikiran Terbuka

Bekerja untuk mempertimbangkan semua pilihan ketika membuat keputusan. Seorang pemimpin yang kuat akan mengevaluasi masukan dari semua pihak yang berkepentingan dan bekerja demi kemajuan secara keseluruhan.

8. Banyak Akal

Memanfaatkan sumber daya yang tersedia dalam diri. Jika seorang pemimpin tidak tahu jawaban atas sesuatu untuk diketahui dengan menanyakan pertanyaan. Seorang pemimpin harus menciptakan akses terhadap informasi.

9. Menghargai

Seorang pemimpin yang luar biasa akan mengenali usaha orang lain dan memperkuat tindakan tersebut. Bawahan menikmati pekerjaan dan diakui atas tindakannya!

10. Mendidik

Pengetahuan adalah kekuatan. Pekerjaan yang harus mendidik pada kebijakan masyarakat, prosedur, norma-norma organisasi, dll, pengetahuan tentang isu-isu dan informasi akan meningkatkan kesuksesan seorang pemimpin dalam memimpin orang lain.

11. Terbuka untuk Perubahan

Seorang pemimpin akan mempertimbangkan semua sudut pandang dan bersedia untuk mengubah kebijakan, program, tradisi budaya lama atau tidak lagi bermanfaat bagi kelompok secara keseluruhan.

12. Masukan dari Sekitar

Bagaimana orang merasakan tentang keterampilan kepemimpinan? Bagaimana bisa meningkatkan kepemimpinan? Ini adalah pertanyaan penting untuk seorang pemimpin dan terus menayakan hal tersebut. Lihat umpan balik sebagai hadiah untuk meningkatkan kepemimpinan.

13. Evaluatif

Evaluasi kegiatan dan program sangat penting untuk meningkatkan dan kemajuan bagi suatu organisasi / kelompok. Seorang pemimpin yang luar biasa akan terus mengevaluasi dan mengubah program serta kebijakan yang tidak bekerja dengan baik.

14. Terorganisir

Selalu siap untuk pertemuan, presentasi, acara dan yakin bahwa orang-orang di sekitar seorang pemimpin juga siap dan terorganisir.

15. Konsisten

Keyakinan dan rasa hormat tidak dapat dicapai tanpa kepemimpinan yang konsisten. Orang harus memiliki keyakinan bahwa pendapat dan pikiran mereka akan didengar dan dipertimbangkan.

16. Delegator

Seorang pemimpin yang luar biasa menyadari bahwa tidak bisa menyelesaikan semuanya sendiri. Seorang pemimpin akan mengetahui bakat dan minat dari orang-orang di sekitarnya, sehingga mendelegasikan sesuai tugas.

17. Inisiatif

Seorang pemimpin harus bekerja untuk menjadi motivator, inisiator. Dia  harus menjadi elemen kunci dalam perencanaan dan pelaksanaan dari ide-ide baru, program, kebijakan, event, dll


Baca juga: https://veragibbons.com/battlefield-combat-genesis-apk/