Cara Mengobati Kutu Kucing
Kucing

Cara Mengobati Kutu Kucing

Cara Mengobati Kutu Kucing

Cara Mengobati Kutu Kucing

1. Gunakan sampo kutu untuk kucing

Metode yang umum untuk pemilik hewan peliharaan ketika kucing mereka berkutu adalah untuk mandi dengan sampo kutu kucing khusus. Shampo kucing berbeda dari shampo manusia atau shampo anjing. Cara menghilangkan kutu kucing tidak bisa dicuci hanya sekali.

2. Penggunaan minyak telon

Minyak telon biasanya digunakan sebagai perawatan kulit untuk bayi. Anda dapat menggunakan minyak telon sebagai alternatif untuk menghilangkan kutu. Menggunakan minyak telon pada kutu sangat mudah, menuangkannya ke tangan Anda atau langsung ke kulit kucing dengan kutu. Penggunaan minyak telon untuk mengusir kutu dari tubuh hewan harus diharapkan dan tidak dijilat. Cara mencegah kucing menjilati zat atau obat cair, kerah berbentuk corong bisa digunakan di leher.

Kerah untuk kucing
Ilustrasi kerah kucing
Kerah kucing dapat ditemukan di situs belanja online yang menjual kebutuhan hewan peliharaan khusus.

3. Gunakan sisir kutu kucing

Cara ketiga untuk menghilangkan kutu kucing adalah dengan menggunakan sisir kutu khusus. Sisir ini memiliki desain yang berbeda dari sisir pada umumnya. Biasanya sisir kutu digunakan sebelum kucing dicuci dengan sampo anti-kutu.
4. Gunakan cuka atau air cuka sari apel
cuka sari apel
Cuka bisa digunakan untuk menghilangkan kutu, tapi hati-hati. Metode penggunaan air cuka untuk menghilangkan kutu kucing tidak boleh digunakan tanpa campuran air untuk menurunkan kandungan cuka. Timbangan campuran air cuka dengan air sekitar 50:50 atau 70 air: 30 air cuka. Perawatan kutu kucing dengan cuka tidak dianjurkan untuk luka kontak atau untuk area sensitif pada wajah dan area sensitif yang sering lapisan tipis kulitnya.
Gunakan lidah buaya
Lidah buaya
Bahan lain yang bisa Anda gunakan untuk menyingkirkan kutu di tubuh kucing adalah lidah buaya. Caranya adalah dengan menggunakan blender halus atau pure lidah buaya lalu campurkan dengan air, setelah larutan diperkirakan cukup untuk digunakan, tuangkan ke dalam botol semprot.
6. Gunakan lemon
lemon
Pilih sekitar dua lemon, potong-potong. Lalu masukkan ke dalam wadah dengan menambahkan air. Anda juga bisa memanaskan air untuk larutan lemon ini. Setelah selesai, simpan dalam botol semprot. Solusi ini lebih nyaman digunakan pada hari berikutnya.
7. Gunakan garam

Garam tersedia di seluruh rumah, menggunakan garam lebih efektif menghilangkan telur dan larva dari kutu kucing. Anda dapat menggabungkan dengan metode perawatan lain sehingga kutu kucing benar-benar bersih dari tubuh. Cara menggunakan garam dicampur dengan air dan digunakan sebagai cat bilas saat mandi.


Sumber: https://guruaria.com/