Kesehatan

Alasan Strategis

Alasan Strategis

Rachbini (2004: 43-46) menjelaskan beberapa alasan pokok mengapa cukup banyak negara sedang berkembang (NSB) mengimplementasikan kebijakan promosi ekspor sebagai berikut.

Pertama, untuk memperkuat posisi eksternal NSB. Negara dengan ekonomi terbuka dapat meningkatkan ketahanannya dengan melakukan ekspor sebanyak mungkin agar kebutuhan impor di negara tersebur dapat dibiayai dari penghasilan sendiri. Sasaran khusus dari strategi ini adalah untuk menghimpun cadangan devisa yang akan memperkuat ekonomi dan keuangan negara. Selain itu, NSB yang memiliki cadangan devisa besar dapat dengan mudah meredam dampak gejolak perekonomian dan keuangan internasional.

Kedua, untuk memacu akselerasi pertumbuhan industri manufaktur dalam negeri untuk tujuan ekspor. Syarat utama agar bisa melakukan penetrasi pasar internasional adalah efisiensi dan mampu bersaing dari segi kualitas dan harga. Strategi promosi ekspor menggiring industry manufaktur di dalam negeri ke arah persaingan pasar internasional, sehingga industry yang dipilih bersifat kompetitif dan memiliki keunggulan komparatif yang jelas. Kalangan swasta dipersilakan untuk mengimpor kebutuhan dalam negeri yang tidak dapat diproduksi oleh industry dalam negeri sehingga harganya lebih murah dibandingkan bila memproduksi barang itu di dalam negeri sendiri.

Peran negara juga diperlukan dalam hal ini, seperti misalnya meningkatkan efisiensi biaya transaksi dengan efisiensi pelayanan (listrik, air, telepon), perbaikan perijinan, dsb. Kepabeanan dan pelabuhan adalah unsur penting yang menjadi sasaran utama agar jalur ekspor dan impor barang berjalan lancar. Selain itu, pemerintah juga harus berperan aktif dalam mencari peluang pasar yang luas di berbagai negara, seperti yang dilakukan oleh Jepang yaitu Japan Incoroporated dimana perwakilan-perwakilan dagang di berbagai negara berperan memberi informasi pasar dan berbagai peluang untuk kalangan swasta.

sumbe r:
https://www.tokomodemku.co.id/escape-games-apk/