PENYEBAB MUNCULNYA MASYARAKAT MULTIKULTURAL
Pendidikan

PENYEBAB MUNCULNYA MASYARAKAT MULTIKULTURAL

PENYEBAB MUNCULNYA MASYARAKAT MULTIKULTURAL

PENYEBAB MUNCULNYA MASYARAKAT MULTIKULTURAL

1. FAKTOR GEOGRAFIS

Masyarakat multikultural tidak bisa muncul begitu saja, tentu saja ada faktor serta penyebab munculnya perbedaan kebudayaan di suatu daerah. Faktor pertama yang menyebabkan adanya multikultural adalah kondisi geografis, kondisi tersebut bisa berupa fenomena alam dan kondisi alam yang bisa membuat perbedaan cara hidup di kondisi geografis yang berbeda.

Perbedaan cara hidup inilah yang menyebabkan keragaman karakteristik kebudayaan setempat. Masyarakat akan cenderung menyesuaikan kultural di tempat mereka tinggal, contohnya masyarakat yang tinggal di wilayah pulau, pegunungan, maupun pantai akan memiliki kultural yang berbeda satu sama lainnya dalam melakukan kehidupan.

2. KONDISI IKLIM DAN CUACA

Sama halnya dengan kondisi geografis, kondisi iklim serta cuaca juga akan memengaruhi kehidupan kultural sebuah individu maupun kelompok. Iklim dan cuaca tersebut bisa secara langsung maupun tidak langsung akan memengaruhi gaya serta kultural hidup yang mereka alami. Seperti daerah dengan iklim dingin dan iklim panas memiliki perbedaan yang sangat mencolok.

Perbedaan tersebut seperti pola berpakaian mereka jika iklim dingin menggunakan pakaian yang tebal dengankan iklim panas menggunakan pakaian yang tipis. Selain itu iklim juga akan memengaruhi kondisi fisik seseorang, contohnya jika hidup di iklim dingin seseorang cenderung memiliki kulit putih sedangkan iklim panas akan memiliki kulit berwarna hitam.

3. PENGARUH BUDAYA LUAR

Faktor selanjutnya terciptanya masyarakat kultural adalah pengaruh budaya asing, budaya asing tersebut bisa masuk ke dalam suatu wilayah baik disengaja maupun tidak disengaja. Salah satunya adalah budaya asing yang di zaman sekarang banyak ditiru oleh masyarakat lokal, hal ini bisa menyebabkan keragaman kebudayaan yang akan menciptakan masyarakat multikultural.

Kebudayaan asing juga bisa masuk dengan cara perpindahan penduduk asing ke dalam negeri, penduduk asing bisa pindah dan menetap di suatu daerah yang memiliki kultural berbeda. Hal tersebut juga akan membuat masyarakat multikultural dapat tercipta di wilayah tempat orang asing pindah dan menetap tersebut.

4. BERAGAM SUKU BANGSA

Suku budaya tentu saja tidak lepas dari yang namanya suku bangsa, suku bangsa ini memang sudah ada sejak dahulu kala dan memiliki kebudayaan yang telah turun temurun diwariskan oleh generasi berikutnya. Tak heran jika suku bangsa ini memiliki banyak sekali ragam antara satu dengan lainnya, dan juga memiliki keistimewaan serta kelebihannya masing-masing.

Adanya suku bangsa ini memiliki peran penting terhadap terciptanya masyarakat multikultural, karena kebudayaan yang berbeda-beda merupakan inti dari masyarakat multikultural itu sendiri.

5. AGAMA YANG BERBEDA-BEDA

Faktor terciptanya masyarakat multikultural yang selanjutnya adalah adanya agama yang berbeda – beda, hal ini wajar mengingat masyarakat kultural terbentuk bukan hanya dari kebudayaan saja namun dari pola hidup, agama, bahasa, dan lain sebagainya yang bisa berdampingan antara satu dengan yang lainnya.

Agama di dunia sendiri banyak sekali macam dan jenisnya, hal ini bisa disebabkan karena adanya perbedaan cara serta kepercayaan yang mereka miliki. Namun dalam masyarakat multikultural agama yang berbeda memiliki derajat yang sama dan adanya toleransi, sehingga tidak adanya konflik yang terjadi akibat perbedaan agama tersebut.

6. BANYAKNYA RAS

Ras adalah faktor terakhir terciptanya masyarakat multikultural ini, di seluruh penjuru wilayah pastinya memiliki ras yang berbeda-beda. Ras ini bisa terbentuk oleh kelompok yang tinggal di suatu tempat sejak zaman dahulu sehingga memiliki ciri khas terhadap fisik, bahasa, pola hidup dan lain sebagainya.

Ras ini juga bisa terbentuk dari faktor genetika maupun faktor alam yang ada di sekitarnya. Ras tersebutlah yang menjadi bagian penting atau merupakan komponen utama terhadap munculnya masyarakat multikultural yang seperti sekarang telah kita kenal tersebut.


Sumber: https://hon.co.id/phantom-of-the-kill-apk/