Nilai-Nilai Pendidikan Karakter
Pendidikan

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter

Nilai-nilai edukasi karakter butuh dikembangkan di sekolah. nilai ini berlaku universal, sebab dapat dipakai oleh semua siswa di Indonesia tanpa adanya diskriminasi terhadap pihak-pihak tertentu. Nilai-nilai ini bersumber dari agama, Pancasila, budaya, dan tujuan edukasi nasional. Adapun penjelasannya ialah sebagai berikut.

1. Agama: masyarakat Indonesia ialah

masyarakat beragama. Oleh sebab itu, kehidupan individu, masyarakat, dan bangsa tidak jarang kali didasari pada doktrin agama dan kepercayaannya. Secara politis, kehidupan kenegaraan juga didasari pada nilai-nilai yang berasal dari agama. Atas dasar pertimbangan itu, maka nilai-nilai pendidikan kebiasaan dan karakter bangsa mesti didasarkan pada nilai-nilai dan kaidah yang berasal dari agama.

2. Pancasila: negara kesatuan Republik Indonesia ditegakkan atas prinsip-prinsip kehidupan Kebangsaan dan kenegaraan yang dinamakan Pancasila. Pancasila ada pada Pembukaan UUD 1945 dan diulas lebih lanjut dalam pasal-pasal yang ada dalam UUD 1945. Artinya, nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila menjadi nilai-nilai yang menata kehidupan politik, hukum, ekonomi, kemasyarakatan, budaya, dan seni. Pendidikan kebiasaan dan karakter bangsa bertujuan mempersiapkan murid menjadi penduduk negara yang lebih baik, yaitu penduduk negara yang mempunyai kemampuan, kemauan, dan merealisasikan nilai nilai Pancasila dalam kehidupannya sebagai penduduk negara (Puskur, 2010 : 8).

Nilai-nilai edukasi karakter perlu diulas sehingga didapatkan deskripsinya. Deskripsi beguna sebagai batasan atau tolok ukur ketercapain pengamalan nilai-nilai edukasi karakter di sekolah.

1. Religius
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakanajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.

2. Jujur
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinyasebagai orang yang tidak jarang kali dapat diandalkan dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.

3. Toleransi
Sikap dan perbuatan yang menghargai perbedaan agama,suku, etnis, pendapat, sikap, dan perbuatan orang beda yang berbeda dari dirinya.

4. Disiplin
Tindakan yang mengindikasikan perilaku tertib dan patuhpada sekian banyak ketentuan dan peraturan.

5. Kerja Keras
Perilaku yang mengindikasikan upaya sungguh-sungguhdalam mengatasi sekian banyak hambatan belajar dan tugas, serta menuntaskan tugas dengan sebaik-baiknya.

6. Kreatif
Berpikir dan mengerjakan sesuatu guna menghasilkan caraatau hasil baru dari sesuatu yang sudah dimiliki.

7. Mandiri
Sikap dan perilaku yang tidak gampang tergantung padaorang beda dalam menuntaskan tugas-tugas.

8.Demokratis
Cara berfikir, bersikap, dan beraksi yang menilai samahak dan keharusan dirinya dan orang lain.

9. Rasa Ingin Tahu
Sikap dan perbuatan yang tidak jarang kali berupaya untukmengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.

10. Semangat Kebang-saan
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yangmenempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

11. Cinta Tanah Air
Cara berfikir, bersikap, dan melakukan yang menunjukkankesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.

12.Menghargai Prestasi
Sikap dan perbuatan yang mendorong dirinya untukmenghasilkan sesuatu yang berguna untuk masyarakat, dan mengakui, serta memuliakan keberhasilan orang lain.

13.Bersahabat/Komuniktif
Tindakan yang menunjukkan rasa senang berbicara,bergaul, dan berkolaborasi dengan orang lain.

14. Cinta Damai
Sikap, perkataan, dan perbuatan yang mengakibatkan oranglain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.

15. GemarMembaca
Kebiasaan meluangkan waktu untuk menyimak berbagaibacaan yang menyerahkan kebajikan untuk dirinya.

16. Peduli Lingkungan
Sikap dan perbuatan yang tidak jarang kali berupaya mencegahkerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya guna memperbaiki kehancuran alam yang telah terjadi.

17. Peduli Sosial
Sikap dan perbuatan yang selalu hendak memberi bantuanpada orang beda dan masyarakat yang membutuhkan.

18. Tanggun-jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk mengemban tugasdan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.


Sumber: https://superhackemail.com/tahu-bulat-apk/