MACAM HAK ASASI MANUSIA
Pendidikan

MACAM HAK ASASI MANUSIA

MACAM HAK ASASI MANUSIA

MACAM HAK ASASI MANUSIA

Ada banyak sekali hal yang termasuk ke dalam Hak Asasi Manusia (HAM) dan setiap warga negara Indonesia perlu untuk mengetahuinya. Berbagai macam HAM dapat dibaca sebagai berikut.

1. HAK ASASI BERSIFAT PRIBADI

Ada banyak sekali hak asasi pribadi yang dimiliki oleh manusia. Hak tersebut meliputi hak untuk pergi, bergerak, pindah ke seluruh tempat. Seorang warga negara dapat berpindah ke segala tempat yang ada di negaranya.

Jika ingin berpindah ke negara lain, sudah pasti ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan setiap negara, biasanya berbeda-beda. Asalkan memenuhi seluruh persyaratan yang berlaku, seorang warga negara juga dapat berpindah ke negara lainnya.

Bahkan, jika ingin berpindah ke planet lainnya selama belum diakuisisi oleh suatu negara, hal tersebut masih dapat dilakukan atau bebas dilakukan bagi siapapun yang mampu. Selain dari itu, hak bersifat pribadi yang lainnya adalah kebebasan berpendapat.

Sebagai warga negara, Anda akan memiliki hak untuk mengemukakan pendapat. Walaupun memang dalam menyampaikan pendapat juga terdapat hak-hak asasi manusia lainnya. Maka dari itu, sampaikanlah pendapat tanpa harus menyinggung SARA dan juga secara sopan, agar orang lain mudah menerima pendapat tersebut.

Hak Asasi manusia lainnya yang bersifat pribadi adalah hak untuk berkumpul maupun berorganisasi. Hak yang satu ini dimiliki oleh siapapun dan setiap manusia dapat mendirikan organisasi semacam ini. Asalkan organisasi yang dibangun menyerukan kepada kebaikan yang bersifat mutlak atau universal.

Hak pribadi yang terakhir adalah hak untuk memeluk agama. Pada dasarnya agama merupakan kepercayaan yang berkaitan antara manusia yang memeluknya dengan Tuhan yang dipercayai oleh orang tersebut. Jadi setiap orang berhak untuk melakukan hal ini tanpa mendapatkan paksaan dari pihak manapun.

2. HAK ASASI POLITIK

Setiap negara pasti memiliki problematika politiknya masing-masing. Jadi tidak mungkin ada negara yang berdiri tanpa adanya unsur politik. Walaupun memang kenyataannya, politik Indonesia sedang carut-marut, sehingga ada banyak generasi muda yang tidak menyukai politik.

Meskipun tidak menyukai perkembangan politik yang ada di Indonesia, tetap saja perlu untuk memahami situasi ini. Jika tidak ada satu generasi muda cerdas dan bermoral yang mau memahami politik, maka politik Indonesia akan semakin dikuasai oleh orang-orang yang tidak bermoral.

Beberapa Hak Asasi Berpolitik yang dimiliki oleh setiap orang adalah hak untuk dipilih dan juga memilih saat adanya pemilihan. Setiap orang memiliki hak untuk memilih tanpa boleh diganggu gugat. Selain itu, tidak boleh ada orang yang mengabaikan hasil orang yang terpilih melalui pemilihan yang sah.

Selain itu, setiap warga negara akan memiliki hak untuk berpartisipasi dalam pemerintahan. Siapapun yang mampu mendirikan partai politik juga diperbolehkan untuk melakukannya. Setiap orang memiliki hal yang sama dalam berpolitik.

3. HAK ASASI DALAM BIDANG HUKUM

Hukum mengikat siapa saja tidak peduli ia seorang pejabat atau anak dari pejabat sekalipun memiliki kedudukan yang sama di hadapan hukum. Selain itu, hak lain dalam bidang hukum yang dapat digapai oleh siapapun adalah hak untuk berpartisipasi sebagai Pegawai Negeri Sipil.

4. HAK ASASI DALAM BIDANG EKONOMI

Setiap manusia berhak untuk mendapatkan penghidupan yang layak. Penghidupan yang layak itu dapat diartikan sebagai perekonomian yang stabil dan juga kehidupan yang sejahtera. Untuk mencapai kesejahteraan tersebut, dapat dengan cara melakukan kegiatan jual-beli.

Kegiatan yang satu ini berhak dilakukan oleh setiap manusia. Selain dari kebebasan dalam melakukan kegiatan jual-beli, kegiatan lainnya yang dapat dilakukan oleh setiap manusia adalah perjanjian kontrak. Tentu saja perjanjian kontrak yang sangat penting biasa dilakukan dalam kegiatan perbisnisan.

Kegiatan yang berhubungan dengan perekonomian lainnya yang dapat dilakukan oleh setiap manusia adalah kegiatan sewa-menyewa dan juga untuk berhutang. Tentu saja, sebelum melakukan semua kegiatan perekonomian ini, maka diperlukan pemikiran yang sangat matang dan juga perhitungan yang akurat.

Bahkan dalam bidang perekonomian, setiap manusia berhak untuk mendapatkan pekerjaan yang dianggap manusiawi atau pantas. Hak asasi manusia dalam bidang perekonomian yang terakhir adalah hak untuk memiliki, seperti tanah, rumah, dan kendaraan.

5. HAK ASASI DALAM BIDANG PERADILAN

Hak asasi yang berikutnya adalah hak untuk diberlakukan setara dalam bidang peradilan. Kesetaraan yang dimaksud adalah memperoleh pembelaan dan perlakuan yang sama pada saat dilakukan penyelidikan. Orang yang sedang dalam masa penyelidikan harus dilakukan perlakuan penggeledahan, penangkapan, dan juga penahanan yang sama tanpa membedakan status pekerjaan atau sosial.


Sumber: https://hon.co.id/shazap-apk/