Ketenagakerjaan
Pendidikan

Ketenagakerjaan

Table of Contents

Ketenagakerjaan

Ketenagakerjaan

  1. Tenaga Kerja

Menurut UU No.13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, pengertian tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun orang banyak. Dengan defenisi seperti ini, berarti siapapun pada usia berapapun yang dapat bekerja untuk menghasilkan barang atau jasa, dapat disebut sebagai tenaga kerja. Bila seorang anak kecil yang berusia lima tahun sudah bisa menghasilkan barang, maka dia bisa disebut sebagai tenaga kerja.tenaga kerja merupakan modal bagi bergeraknya perekonomian suatu negara.

  1. Angkatan Kerja

Angkatan kerja merupakan bagian dari tenaga kerja yang aktif dalam kegiatan ekonomi. Aktif ini tidak selal berarti sudah bekerja karena yang digolongkan sebagai angkatan keja adalah penduduk dalam usia kerja (15 tahun ke atas) baik yang bekerja maupun yang mencari pekerjaan (pengangguran). Batas usia ini diatur dalam UU No. 20 tahun 1999 pasal 2  ayat 2. Sedangkan menurut versi Bank dunia adalah antara 15-64 tahun.

  1. Kesempatan kerja

Kesempatan kerja merupakan kebutuhan tenaga kerja ang kemudian secara riil diperlukan oleh persahaan atau lembaga penerima kerja pada tingkkat upah, posisi dan syarat kerja tertentu, yang diinformasikan melalui ikalan dan lain-lain. Kesempatan kerja ini seringkali disebut lowongan kerja. Pada saat ini lowongan kerja di Indonesia masih tidak seimbang dengan tingginya angka pencarian kerja.

  1. Pekerja

Pekerja merupakan setiap orang yang nilai ekonomis baiak yang menerima gaji atau bekerja sendiri yang terlibat dalam kegiatan manual. Pekerja juga dapat didefenisikan sebagai tenga kerja yang bekerja didalam hubngan kerja pada pengusaha dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk lain. Dengan demikian, pekerja berbeda dengan tenaga kerja.  Tenaga kerja merujuk pada tenaga orang yang tersedia untuk dijadikan menjadi pekerja. Sedangkan pekerja merupakan mereka yang sudah terikat pada suatu pekerjaan. Pekerja i bisa berupa menjadi pegawai pada suatu instansi ataupun bekerja secara mandiri.


Sumber: https://student.blog.dinus.ac.id/handay/seva-mobil-bekas/