Teknologi

30 tahun peluncuran perdana Sega Mega Drive: Konsol retro terbaik SEGA

30 tahun peluncuran perdana Sega Mega Drive: Konsol retro terbaik SEGA

30 tahun peluncuran perdana Sega Mega Drive Konsol retro terbaik SEGA

Sega Mega Drive dikenal sebagai konsol game kedua yang dirilis

oleh developer game SEGA. Konsol ini pertama kali dirilis di Jepang pada 29 Oktober 1988. Seperti dikutip dari segaretro.org, Sega Mega Drive dirilis setahun kemudian di pasar Amerika Serikat dengan nama Sega Genesis dan meraih popularitasnya pada tahun 1991 ketika game “Sonic the Hedgehog” diluncurkan sekaligus diperkenalkan sebagai maskot SEGA.

Kendati telah berlalu 30 tahun silam, konsol 16-bit ini masih dikenang

sebagai salah satu konsol retro terbaik nomor dua setelah Super Nintendo, berdasarkan hasil survei yang dirilis majalah Retro Gamer tahun 2018. Kapan konsol ini masuk ke Indonesia, apa saja keunggulan konsol ini, upaya bertahan konsol ini ketika menghadapi Sony Playstation hingga respons komunitas atas rencana akan dirilisnya Sega Mega Drive mini tahun depan merupakan hal-hal menarik untuk dibahas dalam rangka mengenang 30 tahun peluncuran perdana Sega Mega Drive seperti dikompilasi Antaranews dari beragam sumber.

Pertama kali masuk Indonesia

Kendati Sega Mega Drive dirilis pertama kali di Jepang tahun 1988 dan setahun kemudian di Amerika Serikat, konsol ini malah masuk pertama kali ke Indonesia sekitar tahun 90-an. Perwakilan Republic Games & Collectors Indonesia (RGCI) Rizki Abdallah menyatakan Sega merupakan konsol game selain Nintendo (Nintendo Entertainment System atau NES) yang pertama kali masuk ke Indonesia sekitar tahun 90-an.

Konsol Sega Mega Drive yang pertama kali masuk adalah Mega Drive 1 kemudian berhenti di Mega Drive 2. Ketika Sega Mega Drive 3 masuk, konsol ini sudah tidak begitu populer.

 

Baca Juga :