Prinsip-Prinsip Pelayanan
Pendidikan

Prinsip-Prinsip Pelayanan

Prinsip-Prinsip Pelayanan

Prinsip-Prinsip Pelayanan

Vincent Gaspersz (2000;65), mejelaskan lima prisip pelayanan terhadap konsumen yang dapat dipakai oleh perusahaan jasa. Dengan menerpakan beberpa dan keseluruhan dari prisip-prisip tersebut diharapkan dapat meperbaiki pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Adapun prinsip-prinsip pelayanan tersebut adalah sebagai berikut :


  1. Prinsip menetapkan sasaran yang konsisten

Dalam hal ini, perusahaan harus memiliki sasaran yang konsisten untuk perbaikan pelayanan dan selalu konsisten terhadap sasarannya yang diwujudkan melalui perumusan visi dan misi yang jelas dalam pertumbuhan.

  1. Prinsip menerpakan filosofi memuaskan konsumen

Seorang pemimpin perusahaan harus dapat membawa perusahaan tersebut menuju pelayanan yang melebihi atau minimum sama dengan ekspektasi konsumen.

  1. Prinsip mengutamakan pencegahan kesalahn (indikasi proaktif)

Kualitas pelayanan kepada konsumen pada suatu perusahaan dapat ditingkatkan secara terus-menerus melalui tindakan proaktif untuk mencegah terjadinya kesalahan.

  1. Prinsip menghentikan kebiasaan menilai sesuatu hanya berdasarkan harga

Manajemen suatu perusahaan juga memperhatikan aspek-aspek kualitas, bukan semata-mata berfokus pada aspek harga dan biayanya.

  1. Prinsip melakukan palayanan pelanggan

Ketiadaan pelatihan yang diberikan kepada karyawan dalam pekerjaan dapat berakibat adanya kekecewaan konsumen dalam kualitas pelayanan dalam perusahaan tersebut.


Sumber: https://bertuah.co.id/2020/04/24/bardbarian-apk/