Ciri-ciri Pelayanan yang Baik
Pendidikan

Ciri-ciri Pelayanan yang Baik

Ciri-ciri Pelayanan yang Baik

Ciri-ciri Pelayanan yang Baik

diantaranya adalah sebagai berikut :


  1. Tersedianya Karyawan yang Baik

Kenyamanan pelanggan sangat tergantung dari karyawan yang melayaninya, karyawan harus ramah, sopan dan menarik. Disamping itu, karyawan harus cepat tanggap, pandai bicara menyenangkan serta pintar. Karyawan juga harus mampu memikat dan mengambil hati pelanggan sehingga pelanggan semakin tertarik. Demikian juga dengan cara kerja karyawan harus rapi, cepat dan cekatan.


  1. Tersedianya Sarana dan Prasarana yang Baik

Pada dasarnya pelanggan ingin dilayani secara prima. Untuk melayani pelanggan, salah satu hal yang paling pentingdiperhatikan, disamping kualitas dan kuantitas sumber daya manusia adalah sarana dan prasarana yang dimilki perusahaan. Peralatan dan fasilitas yang dimilki seperti ruang tunggu dan ruang untuk menerima tamu harus dilengkapi berbagai fasilitas sehingga membuat pelanggan nyaman atau betah dalam ruangan tersebut.


  1. Bertanggung Jawab Kepada Setiap Pelanggan Sejak Awal Hingga Selesai

Dalam menjalankan kegiatan pelayanan, karyawan harus mampu melayani dari awal sampi tuntas atau selesai. Pelanggan akan merasa puas jika karyawan bertanggung jawab terhadap pelayanan yang diinginkannya. Jika terjadi sesuatu, karyawan yang dari awal menangani masalah tersebut, segera mengambil alih tanggung jawabnya.


  1. Mampu Melayani Secara Cepat dan Tepat

Dalam melayani pelanggan, diharapkan karyawan harus melakukannya sesuai prosedur. Layanan yang diberikan sesuai jadwal untuk pekerjaan tertentu dan jangan membuat kesalahan dalam arti pelayanan yang diberikan sesuai dengan standar perusahaan dan keinginan pelanggan.


Melayani secara cepat artinya melayani dalam batas waktu yang normal. Seangakan melayani secara tepat artinya uasahakan jangan sampai terjadi kesalahan baik dalam hal pembicaraan maupun pekerjaan. Kesalah akan membuat pelanggan kesal yang menimbulkan anggapan perusahaan tidak professional.


  1. Mampu Berkomunikasi

Karyawan harus mampu berbicara kepada pelanggan. Karyawan juga harus mampu dengan cepat memahami keinginan pelanggan. Selain itu, karyawan harus dapat berkomuniaksi dengan bahas ayang jelas dan mudah dimengerti. Jangan menggunakan istilah yang tidak dimengerti.


Komunikasi harus dapat membuat pelanggan senang sehingga jiak pelanggan mempunyai masalah, palanggan tidak segan-segan mengemukakannya kepada petugas. Mampu berkomuniaksi juga akan membuat setiap permasalahan menjadi jelas sehingga tidak timbul salah paham. Komunikasi sangat penting terutama untuk yang berhubungan secara langsung.


  1. Memberikan Jaminan Kerahasiaan Setiap Transaksi

Karyawan harus mampu menajga kerahasiaan pelanggan terutama yang berkaitan dengan uang dan prbadi pelanggan. Pada dasarnya, menjaga kerahasiaan pelanggan sama artinya dengan menjaga rahasia perusahaan. Oleh akrena itu, karyawan harus mampu menjaga rahasia pelanggan terhadap siapa pun. Menjaga rahasia pelanggan merupakan ukuran kepercayaan pelanggan kepada perusahaan.


Baca Juga :