Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar
Pendidikan

Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar
Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar
Masyarakat Indonesia terkadang tidak mengetahui bagaimana wujud bahasa Indonesia yang baik dan benar itu. Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dapat diartikan pemakaian ragam bahasa yang serasi dengan sasarannya dan mengikuti kaidah bahasa yang benar, sedangkan ungkapan bahasa Indonesia yang baik dan benar mengacu ke ragam bahasa yang memenuhi persyaratan kebaikan dan kebenaran.  Bahasa sebagai salah satu sarana komunikasi antar sesama manusia agar dapat dimengerti oleh manusia lainnya. Meskipun berbicara dalam satu bahasa yang sama, namun ragam bahasa yang dipakai tidaklah sama. Masing-masing suku atau kelompok menggunakan ragam yang berbeda.
Bahasa yang baik dan benar memiliki fungsi sebagai pemersatu kebhinekaan rumpun dalam bahasa dengan mengatasi batas-batas kedaerahan,penanda kepribadian yang menyatakan identitas bangsa dalam pergaulan dengan bangsa lain, pembawa kewibawaan, dan sebagai kerangka acuan sebagai tepat atau tidaknya pemakaian bahasa.
Bahasa yang Baik
Bahasa Indonesia yang baik adalah bahasa Indonesia yang digunakan sesuai dengan norma kemasyarakat yang berlaku. Dalam situasi santai dan akrab seperti di pasar hendaklah digunakan bahasa Indonesia yang santai dan akrab yang tidak terlalu terikat. Dalam situasi resmi dan formal, seperti dalam kuliah, dalam seminar, hendaklah digunakan bahasa Indonesia yang formal.

Bahasa yang Benar
Bahasa Indonesia yang benar adalah bahasa Indonesia yang digunakan sesuai dengan aturan atau kaidah bahasa Indonesia yang berlaku. Kaidah bahasa Indonesia itu meliputi kaidah ejaan, kaidah pembentukan kata, kaidah penyusunan paragraf, dan kaidah penataan.

Bahasa yang Baik dan Benar
Bahasa yang baik dan benar adalah bahasa Indonesia yang digunakan sesuai dengan norma kemasyarakatan yang berlaku dan sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa Indonesia.
Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan, berbahasa Indonesia dengan baik dan benar adalah menggunakan bahasa Indonesia yang memenuhi ketentuan bahasa Indonesia, misalnya tata bahasa, ejaan, kalimat. Oleh karena itu, mari berbahasa Indonesia. Oleh karena itu mari berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Jadikan Bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa Indonesia.