Kelamahan Windows 8 (Metro)
Teknologi

Kelamahan Windows 8 (Metro)

Kelamahan Windows 8 (Metro)

Kelamahan Windows 8 (Metro)
Kelamahan Windows 8 (Metro)

Kita sudah mengatahui bahwasanya windows telah mengeluarkan OS terbarunya yaitu windows 8, akan tetapi seperti kebiasaan windows selalu mengawali OS buatannya dengan versi beta. Yang artinya versi beta bias disamakan dengan versi uji coba. Walaupun OS windows 8 ini atau yang biasa desebut dengan metro memiliki kelebihan yang sangat menarik, akan tetapi juga memiliki kelemahan yang tidak sedikit. Di sini penulis akan menjabarkan apa saja kelemahan dari windows 8 (metro) ini.

1. Metro multitasking = 2 aplikasi saja
Jika Anda menggunakan aplikasi Metro (untuk tablet) di Windows 8, multitasking berarti screen akan menampilkan dua aplikasi secara berjajar. Itu saja. Untuk pemula hal itu tidak akan menjadi masalah besar. Namun bagi advanced user, kemampuan Metro dengan multitasking hanya untuk dua aplikasi merupakan kelemahan yang fatal.

2. Tumpang tindih Metro UI dan Aero UI
Developer menemukan adanya pergantian secara terus-menerus yang terjadi antara tile-based Metro UI dan glassy Aero UI. Hal tersebut dinilai tidak masuk akal dan sangat membingungkan. Berpindah dari aplikasi Metro dan aplikasi desktop sangat sulit dilakukan.

3. Metro adalah tipuan desktop
Metro memang bisa bekerja baik di tablet tapi UI tersebut sangat tidak kompatibel jika digunakan pada desktop. Dan jika Anda ingin mencobanya di notebook, itu akan sulit dilakukan. Sehingga secara default tidak mungkin bisa dilakukan Windows 8 untuk booting ke Metro UI. Dengan kata lain Microsoft perlu memberikan kill-switch untuk mematikan Metro UI.

4. Sangat sulit berpindah antar screen
Berpindah antar aplikasi Metro adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Anda tidak diberikan fungsi Alt-Tab seperti saat bekerja dengan desktop dan keyboard untuk berganti dari satu app ke app yang lain. Sebagai gantinya, di Windows 9 Metro UI Nda bisa menggunakan pointer atau finder. Letakkan di sisi kiri screen dan drag. Atau klik pada icon yang muncul.

Kedengarannya sangat mudah tapi masalah muncul saat Anda bekerja dengan banyak aplikasi. Tidak ada cara cepat dan mudah untuk berganti antar aplikasi. Jika Anda menggerakkan mouse ke arah kiri maka sebuah icon akan pops up. Dan jika tidak tepat maka Anda harus klik dan mencoba lagi.

5. Tiles sebabkan crash
Saat Microsoft memperkenalkan System Tray, fitur tersebut disebut sebagai hal penting sehingga didesain agar user mudah mengaksesnya dan cepat melihat status dari aplikasi tertentu. Tapi kini dalam Windows 8 System Tray tidak seperti yang dikatakan Microsoft dan malah sangat mengganggu.

Di Windows 8, Metro UI desktop akan manjadi System Tray terbaru. Setiap aplikasi akan membutuhkan system tray. Dan semakin banyak aplikasi yang dijalankan maka system tray akan menggelembung. Meski Microsoft berjanji akan memberikan aplikasi yang ringan dan mudah dijalankan, namun jika Anda menggunakan iTunes untuk streaming dan ada banyak aplikasi lain yang dijalankan sehingga banyak iklan dan informasi yang bermunculan bisa Anda bayangkan apa yang akan terjadi pada tablet Anda. Crashed!

6. Tidak ada opsi untuk mengubah tiles menjadi icons
Ukuran tiles terkecil masih terlalu besar tampilannya. Saat nantinya Anda telah install banyak aplikasi maka screen Metro akan semrawut.

7. Tidak mendukung content Flash
Yaitu pada sistem operasi Windows 8 yang digunakan untuk Tablet PC ini tidak mendukung untuk content Flash, baik Flash pada aplikasi multimedia, video maupun pada game. Ternyata Microsoft memang sengaja membuat Windows 8 ini tidak bisa mendukung konten Flash di Tablet PC. Alasan Microsoft melakukan hal ini adalah untuk menghemat baterai Tablet. Selain itu juga dapat melindungi privasi Tablet kita dan meningkatkan keamanan. Hal ini dikarenakan pada beberapa aplikasi dan perangkat elektronik lainnya, penggunaan konten Flash justru menyebabkan data rusak atau crash.

Baca Juga :