Pomodoro Teknik Belajar yang Efektif dan Bebas Distraksi
Pendidikan

Pomodoro: Teknik Belajar yang Efektif dan Bebas Distraksi

Pomodoro: Teknik Belajar yang Efektif dan Bebas Distraksi

Pomodoro Teknik Belajar yang Efektif dan Bebas Distraksi
Pomodoro Teknik Belajar yang Efektif dan Bebas Distraksi

Perkembangan zaman tentunya menghasilkan berbagai teknik belajar

yang unik dan sangat membantu untuk memudahkan kamu. Salah satu teknik belajar yang lagi in banget ialah teknik belajar Pomodoro.
Apakah kamu tahu apa itu teknik belajar Pomodoro? Belum tahu? Masa kamu tidak update dengan teknik belajar tersebut? Kalau memang belum tahu, bakal Quipper Blog kasih tahu dalam artikel kali ini. Yuk, simak pembahasannya berikut!
Sejarah Teknik Pomodoro
quipper – tomato.jpg
Quipper Blog

Teknik belajar Pomodoro merupakan teknik belajar manajemen waktu

yang diciptakan oleh Francesco Cirilo. Teknik ini ia ciptakan saat duduk di bangku perkuliahan. Ketika kuliah di tahun 1980-an, Francesco termasuk orang yang sulit fokus belajar.
Hingga akhirnya, ia menyadari bahwa perlu suatu sistem belajar dengan menggunakan interval waktu tertentu agar kondisi fisik maupun psikisnya dapat tetap terjaga. Ia membagi waktu belajar dan istirahat dengan tepat.
Saat mengembangkan teknik ini, Francesco menggunakan timer dapur yang biasa digunakan untuk menghitung waktu memasak. Ia membagi waktu belajar menjadi interval bernama “jendela kerja” selama 25 menit. Setelah 25 menit, “jendela kerja” itu berakhir yang kemudian diselingi interval waktu istirahat.
ADVERTISEMENT

Teknik itu dimanakan Pomodoro karena saat Francesco

membuatnya ia menggunakan timer dapur berbentuk tomat. Pomodoro dalam bahasa Italia artinya ‘tomat.’
Kamu Hanya Membutuhkan Timer
quipper – phone, timer.png
Quipper Blog
Iya bener banget yang kamu butuhkan hanyalah timer. Saat ini, gawai canggihmu pasti memiliki timer sebagai salah satu fiturnya. Bahkan, telepon jadul seperti Nokia aja memiliki timer yang bisa digunakan.
Jadi, cukup mudah alat yang dibutuhkan untuk mempraktikkan teknik ini. Cukup sebuah timer saja! Tidak susah bukan?
Bahkan, saat ini banyak sekali aplikasi yang memang dibuat untuk mengaplikasikan teknik Pomodoro. Jadi, tidak perlu memerlukan perangkat yang rumit.

 

Baca Juga :