Baru Penuhi Empat Standar Nasional
Pendidikan

Baru Penuhi Empat Standar Nasional

Baru Penuhi Empat Standar Nasional

Baru Penuhi Empat Standar Nasional
Baru Penuhi Empat Standar Nasional

Pendidikan di Kota Bekasi baru memenuhi empat dari delapan standar nasional. Empat standar nasional pendidikan yang terpenuhi antara lain, standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan dan standar penilaian pendidikan.

Kepala Seksi SD pada Dinas Pendidikan Kota Bekasi Triani Emi Suswati mengatakan, satuan pendidikan harus memenuhi standar nilai 7,5 dari delapan SNP. Kriteria penilaian dituangkan ke dalam rapor mutu siswa.

”Rapor mutu itu masih bervariasi di setiap satuan pendidikannya, makanya dari delapan

program standar di Kota Bekasi baru 4 yang sudah memenuhi SNP,” kata Triani, belum lama ini.

Delapan SNP yakni standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Standar nasional berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu.

”Empat standar yang sudah memenuhi nilai SNP, yakni standar isi, standar proses

, standar kompetensi lulusan dan standar penilaian pendidikan. Empat standar itu sudah lumayan bagus dan sudah terlihat di satuan pendidikan Kota Bekasi,” katanya.

Menurutnya, SNP memiliki empat kategori penilaian. Diantaranya SNP 1 sama dengan 0 – 1, SNP 2 sama dengan 2 – 4, SNP 3 sama dengan 4 – 6, dan SNP 4 sama dengan 6 – 7,5. Dengan empat SNP yang dipenuhi oleh satuan pendidikan di Kota Bekasi maka nilainya antara 6 – 7,5.

”Empat standar pendidikan yang belum terpenuhi di satuan pendidikan Kota Bekasi

menjadi PR bersama bagaimana caranya 4 standar lain terpenuhi dengan nilai SNP 4,” ujarnya.

Ia mengaku, mengejar empat standar lainnya tak mudah. Namun, memang harus dilakukan guna meningkatkan mutu pendidikan di Kota Bekasi sehingga bisa menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkompeten.

”Untuk mencapai empat SNP itu memang tidak mudah harus melalui beberapa kriteria, maka dari itu kita bangun sama-sama satuan pendidikan yang ada di Kota Bekasi agar lebih baik lagi kedepannya,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://ruangseni.com/