Sosialisasi Bahaya Narkoba ke Sekolah
Pendidikan

Sosialisasi Bahaya Narkoba ke Sekolah

Sosialisasi Bahaya Narkoba ke Sekolah

Sosialisasi Bahaya Narkoba ke Sekolah
Sosialisasi Bahaya Narkoba ke Sekolah

Pentingnya memberikan edukasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba

sejak dini merupakan satu langkah preventif. Hal inilah yang menggagas dosen Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya dr Evi Lusiana M Biomed memberikan sosialisasi mengenai narkoba. Sebagai bentuk pengabdian masyarakat melalui penyuluhan anti narkoba kepada puluhan siswa SMPN 9 di Jl Rudus, Sekip Ujung, Palembang, Jumat (29/11).
Kali ini, dr Evi dari Bagian Farmakologi FK Unsri membawa tema tentang upaya mewujudkan generasi muda bebas narkoba melalui penyuluhan anti narkoba kepada siswa menengah pertama. “Tujuannya, untuk menciptakan generasi muda bebas dari narkoba,” kata Evi. Siswa SMPN 09 diberikan edukasi terkait definisi, jenis, cara menghindarinya, hingga bagaimana cara mengenali orang-orang pecandu narkoba.

Lanjutnya, yang terpenting adalah tetap menjadi generasi muda yang bermanfaat dengan cara menghindari narkoba tersebut

. Selain penyuluhan, juga ada screening deteksi bebas narkoba kepada para siswa. Melalui screening sederhana dengan tes urine, para siswa di cek dan semua hasilnya negatif.

“Sesuai taglinenya di sini, SMPN 9 Unggulan dan alhamdulillah semua 100 persen siswanya bebas narkoba,” ungkap Evi.

Menurutnya, narkoba kini tidak hanya menyerang usia 20 tahun ke atas. Karena mulai dari siswa SD juga harus diwaspadai peredaran bahaya narkoba. Peredarannya bukan saja dari tempat tertutup tapi bisa dari pergaulan, warnet dan sebagainya.

Karena itu, Ia mengatakan guna membentengi diri dari narkoba peran perhatian orang tua sangat penting.

Disertai bekal ilmu agama yang baik dan peran serta pendidikan sekolah. Terlebih, faktor lingkungan akan sangat berpengaruh pada anak-anak.

“Harapannya, ke depan kegiatan ini bisa berkesinambungan dan mendorong remaja untuk bebas dari narkoba,” jelasnya. Mulai dari siswa SMP, SMA hingga mahasiswa.

Sementara itu, kepala sekolah SMPN 9, Hastia mengungkapkan sangat mendukung kegiatan pengabdian masyarakat dari FK UNSRI. Melalui penyuluhan ini, diharapkan semua siswa faham dan mengerti bahaya narkoba.(ril/nur)

 

Sumber :

https://lakonlokal.id/