INILAH PENGERTIAN,TUJUAN, ILMU SOSIAL DASAR
Pendidikan

INILAH PENGERTIAN,TUJUAN, ILMU SOSIAL DASAR

INILAH PENGERTIAN,TUJUAN, ILMU SOSIAL DASAR

INILAH PENGERTIAN,TUJUAN, ILMU SOSIAL DASAR
INILAH PENGERTIAN,TUJUAN, ILMU SOSIAL DASAR

PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR ADALAH SEBAGAI BERIKUT: 
ILMU yang mempelajari sosial manusia di lingkungan sekitar seperti sosiologi, ekonomi, politik, antropologi sejarah, psikologi, geogrofi dll.
Dari perkembangan ilmu sosial timbul paham study sosial yang disebut ilmu pengetahuan sosial. IPS adalah bidang studi yang merupakan paduan dari sejumlah mata pelajaran sosial. Yang termaksud pada pelajaran IPS, yaitu geografi, sejarah, ekonomi, sosiologi, antropologi dll.

ISD adalah gabungan dari disiplin ilmu sosial yang digunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar kita.
ISD memberikan dasar –dasar pengetahuan tentang konsep untuk mengkaji gejala sosial.

TUJUAN ILMU SOSIAL DASAR ADALAH SEBAGAI BERIKUT: 
Membantu perkembangan pikir mahasiswa dan kepribadian agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan ciri kepribadian yang diharapkan dari setiap golongan terpelajar Indonesia.

ADAPUN TUJUAN YANG DI MILIKI ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI SALAH SATU MATA KULIAH DASAR UMUM ADALAH , SEBAGAI BERIKUT.

A . Menyadarai dan memahami berbagai kenyataan kenyataan social dan masalah masalah social yg ada di masyarakat .

B . Peka dan tanggap terhadap masalah masalah masalah social yg timbul di dalam masyarakat dan ikut serta dalam usaha usaha menggulangi masalah Tsb.

C . Sadar akan setiap masalah social yg timbul dalam masyarakat bersifat kompleks dan hanya dapat mempelajarinya secara Kritis dan Interdispliner.

  1. Memahami bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi guna menanggulangi masalah social yg timbul di dalam kehidupan masyarakat.

Baca Juga :