Pendidikan

CARA MENJAGA GIGI BALITA TETAP SEHAT

CARA MENJAGA GIGI BALITA TETAP SEHAT

Siapa yang tak terpesona menyaksikan senyum ceria dengan barisan gigi susu yang sehat? Di samping sedap dipandang, gigi sehat pun akan menciptakan si Kecil bisa menguyah makanannya dengan sempurna.

Sayangnya, begitu tidak sedikit anak kecil yang mengalami tantangan gigi bobrok dan berlubang. Salah satu penyebabnya ialah kebiasaan konsumsi makanan manis.

Pertumbuhan gigi si Kecil dibuka sejak umur 6 bulan dan bakal lengkap sampai ia memasuki usia 2.5 tahun. Ibu tentu akan gemas saat menyaksikan gigi putihnya hadir satu demi satu. Seiring perkembangan giginya, Ibu juga mulai bisa memperkenalkan ragam tekstur makanan secara bertahap.

Agar perkembangan dan kesehatan giginya tidak jarang kali terjaga, biasakan guna merawat gigi semenjak dini. Sejak awal, tidak boleh biasakan guna sering menyerahkan makanan manis, laksana permen atau coklat. Jenis makanan ini sangat mudah membuat ketagihan pada si Kecil dan berdampak buruk pada gigi, antara beda masalah gigi keropos dan bolong. Sejak dini, biasakan ia mengonsumsi makanan dan minuman sehat dengan kadar gula rendah.

Sebenarnya, tidak susah lho Bu mengawal kesehatan gigi si Kecil. Banyak hal-hal simpel yang sebenarnya lumayan dijadikan kebiasaan. Coba deh sejumlah tips perawatan gigi berikut:

>> Hindari makanan yang tidak sedikit berisi gula.

>> Jika hendak memberikan makanan manis, berikan secara bertahap.

>> Latih si Kecil mengunyah dengan baik sampai-sampai ia tidak terbiasa mengemut makanan dalam mulutnya.

>> Pastikan pun Anda mencuci giginya setiap berakhir makan, supaya kebersihan giginya tetap terjaga.

Sumber : http://www.tukaerusite.com/e/www.pelajaran.co.id/