pengertian administrasi
Pendidikan

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Memahami administrasi secara umum

Apa yang dimaksud dengan administrasi? Memahami administrasi yang diambil dari sumber https://ilmubelajar.com adalah bentuk bisnis dan aktivitas yang terkait dengan pengaturan kebijakan untuk mencapai tujuan organisasi. Administrasi memainkan peran yang sangat penting dalam semua kegiatan organisasi.

Selain itu, konsep administrasi dapat diartikan secara sempit sebagai bentuk kegiatan yang mencakup catatan, korespondensi, akuntansi sederhana, pengetikan dan kegiatan administrasi teknis lainnya. Pemahaman yang komprehensif tentang administrasi mencakup semua proses kolaborasi antara dua atau lebih individu yang bertujuan untuk mencapai tujuan melalui penggunaan fasilitas dan infrastruktur tertentu secara efisien dan efektif.

Dari definisi administrasi ini kita dapat mengetahui 3 hal penting berikut:

  • Administrasi adalah seni dan proses. Sebagai sebuah seni, administrasi memerlukan tip khusus yang kondisional dan situasional, karena mereka selalu berhubungan dengan situasi, keadaan, waktu dan tempat.
  • Dalam administrasi ada unsur-unsur tertentu, termasuk; Ada dua orang atau lebih yang terlibat. Kolaborasi terjadi antara individu formal dan hierarkis yang memiliki tujuan tertentu. Ada tugas, ketersediaan sarana dan prasarana.
  • Administrasi muncul bersamaan dengan munculnya peradaban manusia, di mana administrasi bertujuan untuk mencapai tujuan bersama.

Memahami administrasi menurut pendapat ahli

Beberapa ahli administrasi menjelaskan definisi administrasi, termasuk:

1. George R. Terry
Menurut George R. Terry, gagasan administrasi adalah merencanakan, mengelola, mengatur, dan memobilisasi pekerjaan kantor untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

2. Arthur Grager
Menurut Arthur Grager, konsep administrasi adalah fungsi mengelola komunikasi dan layanan suatu perusahaan.

3. Sondang P. Siagian
Menurut Sondang P. Siagian, pentingnya administrasi adalah segala bentuk kerja sama antara dua orang atau lebih, berdasarkan pada rasionalitas yang telah dipilih untuk mencapai tujuan yang diberikan.

4. Ulbert
Dalam arti yang lebih luas, administrasi berarti pengumpulan dan pengumpulan data / informasi yang sistematis, baik secara internal maupun eksternal, untuk memberikan informasi dan memfasilitasi pemulihan sebagian atau total. Definisi administrasi dalam arti yang lebih sempit sekarang disebut sebagai administrasi.

5. Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson
Menurut Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson, istilah manajemen adalah bagian dari ilmu manajemen yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan kantor yang efisien, kapan dan di mana pekerjaan perlu dilakukan.

Fungsi administrasi

Berikut adalah beberapa fungsi administrasi dalam organisasi:

1. Perencanaan
Perencanaan adalah kegiatan perencanaan yang memerlukan aktivitas administratif dari pengumpulan data hingga pemrosesan data hingga perencanaan.

2. Atur
Dalam pengorganisasian, komunikasi kerja antara anggota organisasi diatur dan dibangun untuk mencapai unit bisnis untuk mencapai tujuan organisasi

3. Koordinasi
Koordinasi adalah bagian dari fungsi manajemen, yang melakukan serangkaian kegiatan untuk memastikan kelancaran dengan menghindari kekacauan, tabrakan dan pembatalan kegiatan dengan menghubungkan, menggabungkan dan mengadaptasi pekerjaan bawahan ke kolaborasi yang direncanakan Berkenaan dengan pencapaian tujuan, tujuan organisasi ditetapkan.

4. Pelaporan
Pelaporan adalah transmisi perkembangan atau hasil dari suatu kegiatan dengan memberikan laporan lisan atau tertulis tentang peran dan fungsi pejabat senior untuk mendapatkan gambaran umum tentang pelaksanaan tugas-tugas anggota organisasi.

5. Penganggaran
Penganggaran adalah kegiatan perencanaan dan manajemen keuangan dan anggaran dalam suatu organisasi yang dilakukan secara berkelanjutan.

Pekerjaan ke-6 (mediasi)
Pribadi adalah kegiatan yang berkaitan dengan personel dan sumber daya lainnya dalam suatu organisasi. Mulai dari perekrutan pekerja, pengembangan, peralatan dalam organisasi.

7. Direktur (arahan atau bimbingan)
Sutradara adalah interaksi dengan anggota organisasi dalam bentuk instruksi, saran, dan perintah sehingga tugas tersebut dilakukan dengan baik untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Baca Juga :