Pendidikan

Wawasan Nusantara Lengkap

Intuisi nusantara adalah sikap dan perspektif masyarakat Indonesia terhadap dan bentuk feografi atas dasar negara, yaitu Pancasila dan hukum 1945. Dalam implementasinya, intuisi nusantara memberikan prioritas kepada daerah persatuan dan menghormati keragaman untuk dapat mencapai tujuan nasional.

Fungsi Wawasan Nusantara

Intuisi nusantara berfungsi sebagai konsep ketahanan nasional, atau intuisi nusantara digunakan sebagai konsep dalam pembangunan bangsa Indonesia dalam hal keamanan dan pertahanan teritorial.

Intuisi nusantara memiliki fungsi intuisi pembangunan yang memiliki ruang lingkup persatuan politik, persatuan sosial, serta persatuan ekonomi, persatuan sosial dan politik serta unit pertahanan dan keamanan.

intuisi nusantara berfungsi sebagai intuisi pertahanan dan keamanan negara yang merupakan visi geopolitik Indonesia di tanah air Indonesia sebagai satu kesatuan yang mencakup semua kekuatan negara dan seluruh wilayah.

Intuisi Kepulauan adalah intuisi teritorial dan memiliki fungsi membatasi suatu negara, sehingga tidak ada perselisihan dengan negara-negara tetangga.

Tujuan dari Archipelago Insight
Tujuan nasional pertama, yang terlihat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, menjelaskan bahwa tujuan kemerdekaan Indonesia adalah “untuk melindungi seluruh bangsa dan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat, semua ditumpahkan pada darah Indonesia, mendidik kehidupan bangsa dan berpartisipasi dalam pemenuhan tatanan dunia berdasarkan kebebasan damai abadi dan keadilan sosial “.

Dan tujuan kedua ke dalam adalah untuk mewujudkan kesatuan dari semua aspek kehidupan sosial dan alam, seseorang dapat menyimpulkan dengan tujuan rakyat Indonesia untuk mendukung kepentingan negara, serta kepentingan wilayah mengatur dan mempromosikan kemakmuran, kemuliaan dan kedamaian dan martabat semua orang di dunia.

Wawasan Nusantara sebagai Geopolitik Indonesia
Wawasan Nusantara sebagai Geopolitik Indonesia
Dalam kehidupan ekonomi
Wilayah kepulauan memiliki peluang dan potensi ekonomi yang sangat tinggi, seperti posisi khatulistiwa, hutan tropis yang besar, wilayah laut yang luas, populasi yang besar dan produk pertambangan dan minyak yang besar, sehingga implementasi dalam kehidupan ekonomi harus berorientasi pada sektor-sektor pemerintahan. , industri dan pertanian.

Perkembangan ekonomi harus memperhatikan keseimbangan dan pemerataan antar daerah, oleh karena itu, dengan otonomi daerah, ia dapat melakukan dan menciptakan upaya untuk keadilan ekonomi di setiap daerah.

Dalam pembangunan ekonomi harus melibatkan partisipasi seluruh masyarakat, misalnya dengan menyediakan struktur kredit mikro untuk pengembangan usaha kecil.

Dalam kehidupan sosial
Ini mengembangkan kehidupan nasional yang lebih harmonis di antara masyarakat yang berbeda, dari berbagai aspek budaya, wilayah atau negara kesejahteraan.

Dalam mengembangkan budaya di Indonesia dalam melestarikan kekayaan Indonesia dan dapat digunakan sebagai kegiatan wisata yang dapat memberikan penghasilan bagi negara atau wilayah.

Demikian penjelasan pengertian wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia beserta fungsinya dan tujuannya semoga bermanfaat.

Sumber : https://santinorice.com/