Pendidikan

Memahami Lan Menurut Para Ahli

Memahami LAN adalah

Apa itu LAN (Local Area Network)? Pengertian LAN adalah jaringan komputer di mana area jangkauan jaringan sangat kecil atau terbatas. Misalnya, jaringan komputer kantor, sekolah, rumah atau di sebuah ruangan.

Saat ini, sebagian besar LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet dan dilengkapi dengan perangkat switch dengan kecepatan data 10, 100 atau 1000 Mbits / detik. Selain itu, ada juga teknologi 802.11b (Wi-fi) yang banyak digunakan untuk membentuk LAN, di mana area yang menyediakan teknologi Wi-Fi koneksi LAN disebut hotspot.

Secara umum, LAN digunakan untuk menghubungkan komputer yang berbeda yang berada di area kecil atau dekat. Misalnya, jaringan komputer di dalam laboratorium sekolah yang terhubung sehingga proses pertukaran data dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Memahami LAN menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa arti LAN, kami dapat merujuk pada pendapat para pakar berikut:

1. Bonnie Suherman

Menurut Bonnie Suherman, memahami LAN adalah jaringan yang terbatas pada satu ruangan dalam sebuah bangunan atau menghubungkan beberapa bangunan di wilayah geografis yang tertutup.

2. Angga Wibowo

Menurut Angga Wibowo, memahami LAN adalah jaringan yang bersifat pribadi atau lokal. Secara umum, LAN digunakan di area terbatas, misalnya di kantor, di kampus, dan di lingkungan lain.

3. Teguh Wahyono

Menurut Teguh Wahyono, LAN adalah jaringan komputer yang bersifat lokal, yang memiliki wilayah yang tidak terlalu besar. LAN ini hanya memiliki satu area jangkauan dengan radius sekitar 20 km atau lebih sempit.

4. Ramadhan Pendek

Menurut Arief Ramadhan, gagasan LAN adalah jaringan komputer yang memiliki area jangkauan terbatas di area atau lokasi tertentu.

5. Agus J. Alam

Menurut Agus J. Alam, makna LAN adalah jaringan yang terdiri dari satu atau lebih komputer, yang terkandung dalam posisi tertentu.

Fitur LAN

LAN memiliki beberapa fitur yang membedakannya dari jaringan MAN (Metropolitan Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Karakteristik LAN adalah sebagai berikut:

LAN memiliki cakupan geografis yang lebih sempit (kantor, kampus, sekolah, dan daerah perumahan).
LAN memiliki kecepatan data yang lebih tinggi.
LAN dapat bekerja dengan baik tanpa saluran telekomunikasi. Dengan kata lain, LAN tidak memerlukan akses Internet.
Baca juga: Memahami Internet

Fungsi jaringan LAN

Pada dasarnya, fungsi utama LAN adalah untuk menghubungkan banyak komputer pada suatu jaringan sehingga proses kerjanya menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Sesuai dengan pengertian LAN yang dijelaskan di atas, tujuan LAN adalah sebagai berikut:

Untuk menghubungkan beberapa komputer di area kecil.
Untuk mengaktifkan komunikasi antara komputer dan perangkat dalam jaringan.
Mengaktifkan dan mempercepat proses berbagi data dan program antar komputer dalam jaringan.
Ini membantu untuk menghemat biaya operasi karena perangkat di jaringan dapat digunakan bersama-sama (misalnya: printer, server, dll.).
Baca juga: Informasi router

Komponen dasar jaringan LAN

LAN terdiri dari beberapa komponen dasar yang diatur sehingga Anda dapat menghubungkan beberapa komputer. Komponen dasar LAN adalah sebagai berikut:

Workstation, yang merupakan node atau host dalam bentuk sistem komputer.
Server, yang merupakan perangkat keras (hardware) yang fungsinya untuk melayani jaringan dan workstation yang terhubung ke jaringan.
Link, yang merupakan bagian dari jaringan LAN yang secara fisik menghubungkan peralatan seperti workstation dan server.
Network Interface Card (NIC), yang merupakan serangkaian perangkat elektronik yang dirancang khusus untuk mengelola protokol jaringan.
Perangkat lunak jaringan, yang merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan LAN agar berfungsi sebagaimana mestinya.

Pro dan kontra dari LAN

Setiap jaringan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan untuk masing-masing. Kelebihan dan kekurangan dalam jaringan LAN adalah sebagai berikut:

1. Kekuatan LAN

Berbagai sumber daya (resource), dengan LAN, pengguna dapat berbagi sumber daya di setiap komputer.
Data terpusat, data yang ditemukan pada setiap komputer dalam jaringan LAN dapat disimpan di satu tempat, atau di server. Dengan server, setiap pengguna dapat mengakses file di setiap komputer.

2. Kurangnya LAN

Keamanan rentan, ini terjadi karena setiap komputer dapat diakses oleh semua pengguna. Mungkin ada pengguna yang tidak bisa menjaga kerahasiaan data dan kata sandi mereka sehingga pengguna yang tidak sah bisa masuk.
Masalah pada server pusat, jika terjadi masalah pada server pusat itu akan berdampak negatif pada seluruh LAN. Misalnya, jika server pusat terinfeksi virus, semua komputer di jaringan akan terinfeksi.
Instalasi cenderung mahal, secara substansial biaya pemasangan tergantung pada jumlah infrastruktur, kondisi geografis dan jenis topologi jaringan. Namun, instalasi LAN umumnya membutuhkan banyak uang.

Demikian penjelasan singkat tentang makna LAN, fungsi, tujuan, dan komponen LAN. Semoga artikel ini bermanfaat dan memperluas wawasan Anda.

Artikel : rumusguru