Kesehatan

Berbagai gerakan dan pose yoga untuk orang tua

Usia tua bukanlah alasan untuk meninggalkan rutinitas pelatihan. Bagi orang tua dengan mobilitas terbatas, olahraga ringan seperti yoga sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan dapat menyegarkan jiwa dan pikiran. Yoga untuk lansia juga dapat dipraktikkan di mana saja tanpa perlu peralatan khusus.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, pedoman berikut harus diterapkan.

Persiapan sebelum melakukan yoga untuk lansia
Kondisi kesehatan para lansia tentu berbeda dengan kondisi kaum muda. Ada sejumlah persiapan yang harus dilakukan sebelum lansia dapat menjalani latihan rutin. Ini bertujuan untuk mengurangi risiko cedera atau masalah kesehatan lainnya yang terkait dengan keterbatasan fisik.

Persiapan yang harus dilakukan meliputi:

Pertimbangkan masalah kesehatan yang dihadapi oleh lansia. Orang yang lebih tua biasanya memiliki masalah dengan tulang, tekanan darah tinggi, glaukoma atau radang sendi. Mulai yoga dengan gerakan ringan khusus untuk lansia untuk membentuk posisi dasar yang tepat.
Semua orang bisa melakukan yoga, tetapi akan lebih baik jika lansia mengalami instruktur yoga. Instruktur yoga dapat membantu manula melakukan yoga jenis ini berdasarkan kesehatan mereka.
Ketahui kemampuan tubuh Anda dan jangan terlalu banyak berolahraga. Hindari gerakan yang meningkatkan risiko distorsi atau bahkan cedera.

Berbagai gerakan dan pose yoga untuk orang tua

Gerakan yoga untuk orang tua umumnya lebih sederhana dan dapat dilakukan sambil duduk atau berbaring. Berikut ini beberapa contohnya:

1. Pose gunung
Berbaring di pegunungan bermanfaat untuk menjaga keseimbangan saat berdiri dan menjaga kaki tetap sehat dan kuat karena postur lama mulai menekuk. Berdirilah dengan seluruh permukaan kaki menyentuh dasar. Pegang perut Anda sambil menjaga bahu Anda dan punggung santai. Tarik napas 5-8 kali, lalu buang napas melalui hidung.

2. Meletakkan pohon
Berdiri tegak, lalu angkat salah satu kaki Anda ke arah bagian dalam paha Anda. Jaga lutut pada ketinggian yang sama. Angkat tangan dengan kedua tangan, lalu bernapas 5-8 kali.

Anda dapat menggunakan alat bantu seperti kursi jika Anda tidak bisa berdiri untuk waktu yang lama. Pose ini sangat bagus untuk orang tua karena latihan keseimbangan dan konsentrasi.

3. Peletakan segitiga
Gerakan yoga ini bermanfaat untuk menjaga fleksibilitas kehidupan para lansia. Berdiri dengan kedua kaki lebar dan rata menghadap ke depan. Miringkan tubuh Anda ke kiri dengan tangan kiri Anda menyentuh bagian bawah lutut. Angkat tangan kanan ke atas. Ulangi di sisi kanan tubuh.

4. Peletakan kupu-kupu / peletakan sepatu
Pose yoga kupu-kupu berguna untuk melenturkan otot paha dan lutut serta untuk memperlancar sistem pencernaan pada orang tua. Duduk tegak, lalu satukan kedua kakimu saat lututmu terbuka ke samping. Letakkan tangan Anda di kedua kaki. Tahan posisi ini selama beberapa detik.

5. Berburu anjing untuk burung
Mulailah dengan menggunakan lutut Anda. Angkat dan luruskan tangan kanan ke depan sambil meluruskan kaki kiri ke belakang. Jaga perut Anda ke dalam.

Lakukan selama beberapa detik, lalu ulangi meluruskan tangan kiri dan kaki kanan Anda. Ulangi pose ini 5 kali. Posisi ini berguna untuk menguatkan otot perut dan bagian belakang tubuh

6. Anjing menghadap ke bawah
Ini adalah pose yoga terbaik untuk mempertahankan fleksibilitas dan kekuatan sendi yang lebih tua. Mulailah dengan menyandarkan tangan dan lutut sambil meluruskan jari-jari kaki ke depan. Jadi, naikkan hidup Anda dan mundurlah sampai tubuh Anda membentuk segitiga. Tahan selama 5-8 napas, lalu perlahan-lahan turunkan tubuh. Ulangi 2 kali.

Setelah melakukan serangkaian gerakan yoga untuk orang tua, akhiri dengan berbaring santai. Tarik napas perlahan dan relakskan otot-otot tubuh Anda lagi. Lakukan semua gerakan dengan cara yang benar sehingga tubuh bisa mendapatkan manfaatnya.

Baca juga :