DPR Perjuangkan Dana Desa Naik Setiap Tahun
Pendidikan

DPR Perjuangkan Dana Desa Naik Setiap Tahun

DPR Perjuangkan Dana Desa Naik Setiap Tahun

DPR Perjuangkan Dana Desa Naik Setiap Tahun
DPR Perjuangkan Dana Desa Naik Setiap Tahun

BANDUNG – ‎Wakil Ketua DPR RI,  Fahri Hamzah

dalam release yang diterima jabarprov.go.id, Selasa (17/11) mengatakan DPR RI kini sedang berupaya meningkatkan jumlah dana desa dengan tujuan untuk meningkatkan dan mempercepat pembangunan di daerah.

Kondisi terkini, anggaran dana desa mengalami kenaikan

, dimana pada tahun anggaran 2016 menjadi Rp 660 juta per desa setiap tahunnya dari semula Rp250 juta. Hal ini sejalan dengan naiknya APBN 2016 menjadi Rp 2.095 triliun dari Rp2.039 triliun.

Terkait hal tersebut, DPR RI  akan mengupayakan dana desa

meningkat pada tahun-tahun mendatang. Desa yang selama ini hanya menjadi objek pembangunan, maka dengan sistem pendanaan ini, pembangunan bisa dimulai dari desa. Dari dan oleh masyarakat sendiri agar terjadi percepatan pembangunan.

Menurut Fahri, idealnya tiap desa di Indonesia mendapatkan dana desa

sebesar Rp 1 miliar per tahun agar pembangunan yang direncanakan bisa cepat terselesaikan. Terkait hal tersebut,  pihak  DPR RI mendesak agar tahun ini paling tidak Rp 1 miliar cair. Itulah sebabnya kami menolak memberikan investasi BUMN sebesar Rp 39 triliun jika dana desa belum dipenuhi sebagaimana mestinya.Jika pemerintah sudah memiliki kemampuan APBN yang kuat,  jumlah dana desa bisa saja mencapai Rp 2 miliar per desa per tahun.

Seiring dengan pendanaan tersebut,  tiap desa yang mendapatkan dana tersebut agar produktif membangun desanya sesuai dengan kompetensi wilayah serta untuk meningkatkan produktifitas masyarakat seperti membangun listrik desa maupun akses jalan

 

Sumber :

https://www.kiwibox.com/alistudio/blog/entry/148435463/klasifikasi-kingdom-animalia/