Umum

Belajar mobil dengan lancar tanpa kursus

Banyak orang merasa gugup ketika pertama kali belajar mengendarai mobil. Selain tidak memiliki jam terbang yang cukup, ketakutan akan risiko yang dapat terjadi akan meningkatkan perasaan gugup.

Tetapi jangan membuat kegugupan menjadi hambatan saat Anda belajar mengemudi, karena ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menguranginya. Anda dapat melihat tips di bawah ini.

Belajar mobil dengan lancar tanpa kursus

Belajar dari seorang profesional mengemudi yang berpengalaman tampaknya menjadi solusi terbaik untuk menghindari kegugupan, karena instruktur profesional sudah sepenuhnya memahami cara menangani pengemudi pemula yang biasanya gugup untuk memulai.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan teknik mengemudi dari guru profesional, ada baiknya mengikuti kursus mengemudi mobil. Selain mengajar profesional, mobil dalam kursus mengemudi telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga lebih aman digunakan untuk belajar.

Sesuaikan posisi kursi

Menyesuaikan posisi kursi penting saat mengemudi. Pertama-tama, atur ketinggian kursi agar memiliki tampilan yang cukup lebar. Sesuaikan ketinggian kursi agar sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga tampilan tidak terhalang oleh dasbor.

Kemudian sesuaikan jarak tempat duduk dengan pedal akselerator, rem dan kopling. Jangan letakkan posisi kursi terlalu keras hingga kesulitan saat menginjak pedal. Atur jarak kursi sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga Anda dapat berkendara secara optimal.

Kemudian lihat bagian belakang kursi Anda, apakah itu membuat Anda nyaman atau tidak. Ini sepertinya sepele, tetapi sangat berguna ketika mobil berakselerasi, karena bagian belakang bodi adalah bagian penahan beban yang akan merasakan sesuatu saat mengemudi.

Posisi duduk yang tepat akan membuat Anda merasa nyaman di dalam mobil. Jadi, jika Anda merasa nyaman, bahkan gugup dan panik saat mengemudi secara otomatis berkurang.

Memahami fungsi berbagai alat

Berbagai fungsi instrumen di dalam kabin harus dipahami oleh pengemudi agar tidak keliru saat menggunakannya. Pertama, Anda memahami berbagai pedal di bawah ini. Pedal paling kanan adalah pedal gas, jadi pedal pusat adalah rem dan pedal kopling paling kiri (jika mengendarai mobil manual).

Tepat di sebelah kiri Anda, ada tuas transmisi dan rem tangan (rem parkir). Tuas persneling digunakan untuk mengatur kekuatan dan kecepatan mobil, sedangkan rem tangan adalah alat yang digunakan saat berhenti atau parkir.

Selain alat-alat ini, Anda juga dapat memasukkan berbagai fungsi yang dapat membantu Anda mengemudi, seperti Electronic Stability Control (ESC), kontrol jelajah otomatis, dan lainnya. Jadi, bereksperimenlah dengan semua alat dan fitur untuk lebih memahami cara menggunakannya. Jadi saat Anda berlatih, Anda tidak bingung dan gugup.

Sumber : rental mobil lampung