Kesehatan

Beberapa penyebab sering bersendawa

Ketika banyak udara masuk dan tertelan oleh mulut, sendawa sering terjadi. Kadang-kadang penyebab sendawa sering muncul dari kondisi lain dengan sensasi yang tidak menyenangkan di perut. Bahkan, apakah sering bersendawa merupakan tanda masalah kesehatan?

Beberapa penyebab sering bersendawa

Selain makan dengan cepat, para ahli kesehatan mengatakan ada hal-hal lain yang bisa sering kita lakukan sendawa.

Berikut ini adalah berbagai penyebab umum dari sendawa yang umumnya dialami.

Konsumsilah minuman ringan

Pakar kesehatan menyebut minuman bersoda atau soda sebagai salah satu penyebab sendawa.

Selain kadar gula yang tinggi, ia juga mengandung banyak karbon dioksida. Tentu saja, meminumnya akan memberikan sensasi segar, tetapi kemudian kita akan merasakan sensasi perut terasa penuh karena banyaknya gas yang masuk. Kemudian gas ini mengalir melalui mulut dan kita sering bersendawa.

Makanan pedas dan makanan asam

Makanan tertentu yang bersifat asam, seperti bawang, tomat, buah jeruk seperti jeruk, memang memiliki kepastian. Selain itu, ketika kita makan makanan pedas, bagian belakang kerongkongan terasa terbakar dan akhirnya menjadi lebih mudah untuk bersendawa.

Saya memiliki masalah asam lambung

Peningkatan asam lambung atau peningkatan asam lambung dalam komunitas medis disebut GERD karena peningkatan ke kerongkongan.

Asam ini membantu memecah makanan yang baru dikonsumsi untuk membuatnya lebih mudah dicerna, tetapi karena berbagai alasan, produksi asam lambung berlebihan dan akhirnya akan naik ke kerongkongan.

Kondisi hyperacidic yang dapat muncul lebih dari sekali seminggu dapat dianggap sebagai masalah GERD. Gejalanya bukan hanya rasa tidak nyaman atau mual di perut, tetapi juga rasa panas di lubang-lubang perut, kembung, dan sering bersendawa. Mengonsumsi kopi, minuman bersoda, atau saus tomat dapat membuat gejalanya semakin buruk.

Masalah tukak lambung

Selain asam lambung tinggi, sering bersendawa juga dapat dikaitkan dengan masalah tukak lambung dan munculnya luka di lapisan perut.

Penyebabnya adalah infeksi bakteri atau konsumsi obat-obatan tertentu. Masalah kesehatan ini dapat berlangsung hingga 2 bulan, jadi segera cari pertolongan medis jika Anda mengalami gejala sakit perut atau ketidaknyamanan.

Infeksi bakteri

Jika kita mengalami infeksi h. Bakteri Pylori, lambung menjadi lebih sensitif terhadap cedera. Bakteri ini ditemukan di saluran pencernaan dan menyebabkan radang lambung dan usus kecil. Gejala dari infeksi bakteri ini adalah sakit perut dan nyeri, kesulitan menelan, bersendawa, kehilangan nafsu makan, dan penurunan berat badan.

Jika kondisi ini tidak segera ditangani dengan benar, dikhawatirkan cedera perut dapat menyebabkan masalah gastritis dan kanker lambung.

Konsumsilah makanan yang mengandung gula buatan

Gula atau pemanis buatan berbeda dari gula alami seperti yang ditemukan dalam buah-buahan. Banyak makanan dan minuman manis yang mengandung pemanis buatan seperti sirup jagung dengan kadar fruktosa tinggi. Setelah mengonsumsinya, perut akan mengalami sensasi yang sering membuat kita salah.

Jika kebiasaan bersendawa yang sering menyertai gejala lain pada saluran pencernaan, jangan ragu untuk memeriksa dengan dokter Anda untuk kondisi kesehatan untuk menemukan penyebab yang tepat.

baca juga :