Pendidikan

Mengenal Atmosfer, Lapisan yang Melindungi Bumi Kita

Mengenal Atmosfer, Lapisan yang Melindungi Bumi Kita

kamu menyadari nggak terkecuali di dalam tata surya kami ini kan terkandung banyak sekali benda-benda langit ya, tapi kenapa bumi daerah kami tinggal ini selamanya terlindungi berasal dari benturan benda langit dan terhitung gas atau cahaya yang membahayakan? Padahal bersama ada model gravitasi bumi, benda-benda langit dapat tertarik ke planet bumi. Nah, tentu saja bumi kami selamanya terlindungi, gara-gara bumi memiliki lapisan yang bernama atmosfer. Lalu, apa itu atmoesfer? Yuk kami mengenal atmosfer lewat penjelasan artikel ini.

PENGERTIAN ATMOSFER

Atmosfer itu merupakan selimut gas yang menyelimuti planet bumi daerah kami tinggal, tapi bukan hanya bumi ya, lebih dari satu planet lainnya terhitung dilapisi oleh atmosfer dan kandungannya berbeda-beda.

MANFAAT ATMOSFER

Melindungi bumi berasal dari paparan radiasi cahaya ultraviolet bersama lapisan ozon. cahaya ultraviolet itu terlalu beresiko lho bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.
Melindungi bumi berasal dari benda-benda luar angkasa yang jatuh akibat model gravitasi bumi. Coba bayangin terkecuali nggak ada atmosfer? Yang menghujani kepala kamu bukan hanya air, tapi batuan dan benda-benda luar angkasa terhitung ikutan.
Atmosfer terhitung jadi media cuaca yang dapat mempengaruhi hujan, badai, topan, angin, salju, awan, dan lain sebagainya.
Memiliki kadar beragam macam gas yang diperlukan oleh manusia, tumbuhan, dan terhitung hewan untuk bernafas dan keperluan lainnya layaknya oksigen, nitrogen, karbon dioksida.
FUNGSI ATMOSFER

Atmosfer berguna sesuaikan sistem penerimaan panas cahaya matahari. Atmosfer melakukannya bersama menyerap dan memantulkan panas yang dipancarkan oleh matahari. Sekitar 34% panas matahari ulang di pantulkan ke angkasa oleh atmosfer, awan, dan terhitung permukaan bumi. Kemudian sekitar 19% diserap oleh atmosfer dan awan, seterusnya sekitar 47% sisanya capai permukaan bumi.

Atmosfer itu kan lapisan yang merawat bumi berasal dari benda-benda luar angkasa ya, nah atmosfer sendiri terhitung memiliki lapisan-lapisan nih.

1. Troposfer

Lapisan troposfer banyak memiliki kandungan uap air dan karbon dioksida. Pada lapisan ini kamu tetap dapat lho lakukan pernapasan secara bebas. Selain itu, terhadap lapisan ini fenomena cuaca dan iklim tetap kerap terjadi.

Lapisan troposfer terdiri dari:

Lapisan planetair 0-1km
Lapisan konveksi 1-8km
Lapisan tropopause 8-12km (Merupakan pembatas pada troposfer dan stratosfer, terhadap lapisan ini aktivitas hawa secara vertikal (konveksi) berhenti)

2. Stratosfer

Lapisan ini merupakan lapisan yang terlalu dingin, dan lapisan ini ditinggali oleh lapisan ozon. Nah cahaya ultraviolet yang berasal berasal dari matahari yang beresiko bagi kehidupan makhluk hidup itu, dapat terlindungi oleh lapisan tratosfer ini. Oh ya, mesti kamu menyadari ya terkecuali lapisan ozon itu dapat mengalami rusaknya terkecuali manusia berkelanjutan lakukan aktivitas bersama pakai bahan kimia.

Lapisan stratosfer terdiri dari:
Lapisan isotherm
Lapisan panas
Lapisan campuran atas

3. Mesosfer

Lapisan ini terletak tepat di atas lapisan stratosfer terhadap ketinggian 50-75km. Pada lapisan ini terjadi penurunan penurunan suhu terhadap tiap-tiap bertambahnya ketinggian. Penurunan suhu terhadap lapisan ini berkisar 0, 4 derajat celcius tiap-tiap ketinggiannya bertambah 100 meter. Untuk suhunya sendiri sekitar 10 drajat celcius, nah untuk puncaknya sekitar -120 drajat celcius. Oleh gara-gara itu, terhadap lapisan ini lebih dari satu besar meteor dapat terbakar dan terurai.

Ciri-ciri lapisan mesosfer:
Ketinggian lapisan mesosfer pada 50-80 km di atas permukaan laut
Suhu hawa terlalu tidak stabil. Pada anggota bawah, suhu udaranya tinggi dan semakin ke atas suhunya semakin turun. Misal terhadap anggota bawah 100 drajat C, terhadap anggota atas -100 drajat C.
Antara lapisan mesosfer dan lapisaan termosfer, dilapisi oleh mesopause yang mempunyai suhu sekitar -100 drajat C.

4. Termosfer (Ionosfer)

Pada lapisan ini terjadi sistem ionisasi berasal dari partikel-partikel yang dapat menambahkan dampak perambatan atau refleksi gelombang radio (gelombang panjang dan pendek). Maka berasal dari itu, lapisan termosfer disebut terhitung lapisan ionosfer.

Ciri-ciri lapisantermosfer:
Ketinggian lapisan ini sekitar 80-375 km.
Radiasi cahaya X dan cahaya ultraviolet yang dipancarkan matahari, menyebabkan sistem terjadinya ionisasi beragam atom udara.

5. Eksosfer

Pada lapisan ini beragam atom bergerak secara tidak beraturan dan jadi lapisan yang paling panas. Selain itu, terhadap lapisan ini molekul hawa dapat meninggalkan atmosfer sampai ketinggian 3.150 km berasal dari permukaan bumi. Lapisan ini terlalu berbahaya, gara-gara terhadap lapisan inilah terjadinya kehancuran meteor dan benda-benda luar angkasa lainnya.

Ciri-ciri lapisan eksosfer:

Berada terhadap ketinggian pada 500-1000 km
Suhu capai 2.200 drajat C

Lapisan terluar berasal dari atmosfer.

Sekali ulang mesti kamu pahami ya Squad, terkecuali lapisan atmosfer itu memiliki lapisan-lapisan lagi, dan lapisan terdalam itu merasa berasal dari permukaan bumi. Nah bersama ada lapisan atmosfer ini, bumi kami terlindungi, serta sinar-sinar yang dipancarkan oleh matahari, dapat terkontrol dan terserap oleh lapisan atmosfer. Akan tetapi, lapisan-lapisan atmosfer ini dapat rusak terkecuali konsisten terkena dampak kimia. Artinya, kamu dan kami seluruh mesti konsisten merawat lingkungan, mengurangi dan jauhi pemakaian bahan kimia berlebih. https://www.gurukelas.co.id/