Kesehatan

Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat cengkeh bagi kesehatan tubuh:

1. Melindungi dari kanker

Cengkeh diperkaya dengan anti oksidan eugenol untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat memicu perkembangan kanker. Cengkeh juga mengandung vitamin C sebagai antioksidan untuk membantu menetralisir radikal bebas. Kekuatan antioksidan dalam cengkeh juga dilaporkan lima kali lebih efektif daripada vitamin E dan jenis antioksidan lainnya. Akumulasi radikal bebas dalam tubuh dapat merusak kode DNA dan menyebabkan stres oksidatif yang memicu berbagai penyakit kronis. Mulai dari arthritis, penyakit jantung, atherosclerosis, stroke, hipertensi, ulkus lambung, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, kanker, menyebabkan penuaan.

2. Meningkatkan kesehatan hati

Tidak hanya melindungi tubuh dari kanker, eugenol dalam cengkeh dapat membantu meningkatkan kesehatan hati. Sebuah penelitian pada hewan tikus melaporkan bahwa minyak cengkeh dapat memperbaiki fungsi hati dan mengurangi peradangan. Penelitian lain menunjukkan bahwa eugenol membantu meringankan gejala sirosis hati. Mengkonsumsi suplemen eugenol selama seminggu mengurangi kadar GST, enzim yang sering menjadi tanda penyakit hati. Namun, perlu diingat bahwa eugenol dapat menjadi racun bagi hati jika dikonsumsi dalam dosis tinggi. Sebuah studi kasus menunjukkan bahwa 5-10 ml minyak cengkeh pada anak-anak dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius. Baca juga: Apa efek dari kopi di hatimu?

3. Menjaga kesehatan tulang

Keropos tulang dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Sekarang, sebuah penelitian melaporkan bahwa senyawa aktif dalam cengkeh telah terbukti membantu mempertahankan dan meningkatkan kepadatan tulang. Kandungan mangan dalam cengkeh juga membantu proses pembentukan tulang dan sangat penting untuk kesehatan tulang. Baca juga: Bukan susu, buah ini membantu menguatkan tulang sebanyak 20 persen

4. Mengobati panas dalam

Mulas paling sering disebabkan oleh penipisan lendir lambung yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti stres dan ‘infeksi. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa minyak atsiri cengkeh dapat meningkatkan produksi lendir lambung yang bertindak sebagai penghalang terhadap efek asam lambung, mencegah erosi dinding perut karena keasaman lambung.

5. Periksa kadar gula darah

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam cengkeh dapat membantu mengontrol gula darah. Penelitian lain telah meneliti efek ekstrak cengkeh dan nigericin, senyawa yang ditemukan di cengkeh, baik dalam sel otot manusia dan pada tikus dengan diabetes. Cengkeh dan nigericin ditemukan untuk meningkatkan penyerapan gula dari darah ke sel, meningkatkan sekresi insulin dan meningkatkan fungsi sel yang memproduksi insulin. Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk transfer gula dari darah ke sel-sel. Dikombinasikan dengan diet seimbang, manfaat cengkeh dapat membantu menjaga kadar gula darah.

Baca Juga :