Pendidikan

5 Filum Kingdom Animalia yang Menginspirasi Karakter di Serial SpongeBob

5 Filum Kingdom Animalia yang Menginspirasi Karakter di Serial SpongeBob

Kata siapa seorang akademisi bidang eksak nggak bisa membuahkan sesuatu yang kreatif? Seringnya mendapatkan terkecuali seorang akademisi itu tetap berkutat dengan penelitian dan tulisan-tulisan ilmiiah. Coba memandang deh teman-teman di kelas anda yang pandai matematika, fisika, kimia, apakah mereka senang dengan suatu kesenian? Menggambar gitu misalnya. Mungkin jawabannya ada, namun tidak banyak.

Nah, keliru satu seorang yang berlatar belakang eksak namun berhasil di dunia industri kreatif ialah Stephen Hillenburg. Ia merupakan lulusan Biologi berasal dari Humboldt State University di Amerika Serikat. Kamu dulu mendengar siapa itu Stephen Hillenburg?

Ya, ia merupakan penulis, sutradara, dan pembuat cii-ciri animasi SpongeBob SquarePants. Nggak nyangka kan? Ternyata latar belakang pendidikannya disalurkan dalam pembuatan sebuah acara televisi. Nah, ngomong-ngomong berkenaan Spongebob, artikel kali ini akan mengupas berkenaan 9 filum kingdom animalia yang ternyata di dalamnya jadi ide berasal dari sebagian cii-ciri tokoh di Spongebob. Ada apa saja sih?

1. Porifera

Porifera berasal berasal dari bhs Latin pous (pori) dan fer (membawah). Artinya, porifera merupakan hewan yang tersedia di bawah laut dan miliki pori. Nama kerennya “spons”. Iya, spons yang anda memanfaatkan membuat membasuh piring berikut merupakan hewan laut. Nah dalam seri animasi Spongebob, hewan inilah yang jadi tokoh utamanya.

Ada tiga kelas berasal dari filum porifera ini yaitu Cacarea, Hexactinellida, dan Demospongiae. Tuh kan tersedia kalimat “sponge”-nya. Porifera atau spons ini tubuhnya yang miliki pori-pori berguna menangkap makanan berbentuk plankton atau bakteri. Porifera harus dijaga lho Squad. Ini sebab ia jadi hewan yang menyusun terumbu karang. Pasti anda udah tau dong seberapa pentingnya terumbu karang bagi keseimbangan laut?

2. Coelenterata

“Berburu ubur-ubur…”

“Berburu ubur-ubur…”

Siapa yang sering mengucapkan ucapan berikut ya? Ya, si porifera dengan sebutan lain Spongebob. Nah, ternyata ubur-ubur itu dalam filum Coelenterata. Berasal berasal dari bhs Yunani “coelom” yang berarti berongga dan “enteron” yang berarti perut. Yap, Coelenterata merupakan hewan dengan rongga pada tubuh. Mulutnya dikelilingi tentakel yang miliki sel penyengat.

Coba deh anda ingat-ingat, terkecuali Spongebob sering kan disengat atau disetrum sama ubur-ubur? Nah, itu sebab tersedia sel penyengat. Kenapa bisa menyengat? Ini sebab tentakelnya terdapat kapsul knidoblas yang di dalamnya terdapat sel nematokis.

3. Mollusca

Di filum mollusca ini kayaknya paling banyak cii-ciri Spongebob yang disita deh. Ada dua tokoh yaitu Gary dan Squidward. Nggak percaya? Jadi tuh mollusca merupakan hewan yang tubuhnya lunak. Ada yang memanfaatkan cangkang dan tidak kenakan cangkang. Mollusca dipelajari secara tertentu lho Squad di cabang zoologi yang disebut dengan malacologi. Ukuran tubuh berasal dari mollusca ini bervariasi. Hewan di filum ini tidak memilki tulang belakang ya.

Filum mollusca terbagi jadi lima kelas Squad. Amphineura, Gastropoda, Cephalopoda, Scaphopoda, dan Pelecypoda. Nah, Gary si siput laut peliharaan Spongebob itu masuk ke kelas Gastropoda. Hewan pada kelas ini bergerak memanfaatkan perut dan umumnya miliki cangkang sebagai pelindung. Kalau Squidward itu masuk ke dalam kelas Cephalopoda. Hewan yang tersedia di dalam kelas ini miliki kaki yang terdapat di kepalanya. Oh iya, Cephalopoda ini miliki tentakel termasuk lho.

4. Arthropoda

“Uang….uang….uang…”

“Aku butuh uang…”

Tebak siapa yang sering ngomong begitu di serial Spongebob? Ya, tepat sekali, Tuan Krab. Ternyata dia masuk ke dalam filum arthropoda lho Squad. Arthropoda merupakan hewan yang miliki tubuh dan kaki beruas-ruas. Arthropoda tersedia yang hidup di darat dan hidup di laut. Alat pernafasannya pun berbeda, terkecuali yang didarat itu memanfaatkan paru-paru buku atau permukaan kulit. Nah terkecuali yang di laut memanfaatkan insang.

Tuan Krab ini masuk ke dalam filum arthropoda dengan kelas Crustacea. Kelas ini bagian tubuhnya terdiri berasal dari sefalotoraks dan abdomen. Punya sepasang kaki di tiap tiap ruas eksoskeleton. Yap, contohnya itu udang windu, kepiting, dan kutu air. Selain Crustacea tersedia termasuk Arachnoida, Myriapoda, dan Insecta.

5. Echinodermata

Sahabat Spongebob yang satu ini tak sekedar lucu, ngeselin, namun kok jadi favorit ya?

Patrick si bintang laut berwarna merah muda ini sebetulnya menggemaskan dengan tingkah lakunya yang konyol. Tapi, tahukah anda terkecuali Patrick masuk ke dalam kelas Asteroidea berasal dari filum Echinodermata? Yap, Asteroidea merupakan hewan dengan permukaan tubuhnya miliki duri pendek dan kaki tabung. Memiliki wujud tubuh simetri radial pentameral (terbagi lima).

Selain Asteroidea, kelas-kelas dalam Echinodermata pada lain Ophluroidea, Echinoidea, dan Holothuroidea. Ada fakta menarik nih Squad, keliru satu hewan yang masuk dalam filum ini, teripang (timun laut), miliki kemampuan yang unik. Teripang bisa melakukan regenerasi bagian tubuhnya yang hilang dalam pas yang terlalu cepat. Bahkan tersedia penelitian terkecuali tubuh teripang itu dipotong-potong, maka tiap potongan berikut akan jadi teripang utuh dalam pas 2 jam.

Sebenarnya nggak hanya 5 filum yang termasuk dalam Kingdom Animalia, masih tersedia Platyhelminthes, Annelida, Nemathelminthes, dan Chordata. Buat anda yang masih penasaran dengan penjelasan filum-filum di Kingdom Animalia ini, bisa cari mengetahui lebih banyak kok di ruangbelajar. Semua filum akan dijelaskan dengan animasi-animasi yang keren dan lucu. Pasti membuat anda jadi mengetahui deh.

Selengkapnya : https://www.ruangguru.co.id/